Skandal Suap FIFA

Pejabat FIFA yang Terlibat Kasus Suap Setuju Diekstradisi ke AS

Alfa Mandalika    •    Sabtu, 11 Jul 2015 08:24 WIB
fifa
Pejabat FIFA yang Terlibat Kasus Suap Setuju Diekstradisi ke AS
Jeffrey Webb. (Foto: AP/Matt Rourke)

Metrotvnews.com, Zurich: Jeffrey Webb, satu dari tujuh pejabat dan mantan pejabat badan sepak bola dunia (FIFA) yang ditahan di Swiss dikabarkan sepakat untuk diekstradisi ke Amerika Serikat (AS) untuk menghadapi dakwaan korupsi.

Kantor Pengadilan Federal Swiss (FOJ) mengatakan pada Jumat pagi bahwa salah satu dari mereka yang ditahan telah setuju untuk tidak menentang ekstradisi, namun tidak memberikan identitas pejabat yang dimaksud.

Salah satu sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengonfirmasi bahwa mantan wakil presiden FIFA dan presiden federasi sepak bola regional CONCACAF merupakan pejabat yang dimaksud. Menanggapi kabar tersebut, pengacara AS untuk Webb menolak berkomentar.

Tanpa menyebut Webb, FOJ mengatakan bahwa transfer orang itu akan berlangsung dalam rentang waktu sepuluh hari. Webb merupakan salah satu sosok berpengaruh yang ditahan di Zurich pada 27 Mei, dua hari sebelum kongres tahunan FIFA, yang mengejutkan dunia sepak bola.

Dakwaan terbuka oleh jaksa-jaksa AS di Brooklyn mendakwa para pejabat sepak bola dan eksekutif pemasaran, dengan mengeksploitasi olahraga itu untuk keuntungan mereka sendiri melalui suap-suap senilai 150 juta dolar selama 24 tahun.

Webb didakwa dengan tuduhan pemerasan, penipuan, dan pencucian uang. Ia untuk sementara telah diskors dari posisinya di FIFA dan CONCACAF. Dakwaan AS menyebut Webb menggunakan posisi-posisinya yang berpengaruh untuk mengumpulkan suap dari perusahaan-perusahaan pemasaran olahraga, untuk ditukar dengan hak-hak komersial terhadap pertandingan-pertandingan sepak bola. (Reuters)


(ASM)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA