Kendaraan Berat Dilarang Melintas di Jawa Timur

Amaluddin    •    Sabtu, 11 Jul 2015 10:30 WIB
ramadan 2015
Kendaraan Berat Dilarang Melintas di Jawa Timur
Sejumlah truk yang akan masuk ke kapal feri antre di Dermaga II Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (9/7). Foto: Antara/Asep Fathulrahman

Metrotvnews.com, Surabaya: Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub LLAJ) Jawa Timur melarang kendaraan berat seperti truk, kontainer beroperasi pada H-5 sampai H+3 Lebaran atau 12 Juli hingga 21 Juli. Pasalnya, jalan raya se-Jatim diprioritaskan untuk pemudik.

"Kami sudah menyosialisasikan surat larangan terkait. Kami juga sudah edarkan ke seluruh Organda agar kendaraan berat tidak beroperasi pada waktu yang sudah kami tentukan," ujar Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jatim, Wahid Wahyudi, di Surabaya, kemarin.

Larangan tersebut berlaku untuk seluruh truk berat pengangkut bahan bangunan, truk tempelan, truk gandeng, serta kendaraan kontainer dan pengangkut barang dengan sumbu lebih dari dua. Jika imbauan tersebut tidak diindahkan, Wahid akan menindak tegas.

"Selama tak mendapat izin dari kami, mereka akan ditindak. Kami akan lihat kelayakan jalan hingga uji Kir mereka," katanya.

Wahid mengatakan, larangan itu dikeluarkannya agar pemudik tak tersendat. Namun, kata Wahid, larangan itu tak berlaku bagi truk-truk yang mengangkut sembilan bahan pokok, BBM, ternak, pupuk, susu murni, barang antaran pos, barang ekspor atau impor dari dan ke Pelabuhan Tanjung Perak maupun di Gresik.

"Kami tak ingin menghambat arus barang ekspor dan impor. Tetapi mereka tetap harus mendapat izin dari kami," katanya.


(UWA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA