Dua Jam Usai Gencatan Senjata, Koalisi Arab Saudi Serangan Yaman

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 11 Jul 2015 10:46 WIB
yaman mencekam
Dua Jam Usai Gencatan Senjata, Koalisi Arab Saudi Serangan Yaman
Serangan koalisi Arab Saudi di Yaman (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Sanaa: Koalisi Arab Saudi kembali melancarkan serangan di Sanaa. Serangan udara ini dilakukan setelah dicapainya kesepakatan gencatan senjata antara pasukan pemberontak Houthi dan loyalis pemerintah.

Pengeboman ini dilakukan ke arah Sanaa dan juga Kota Taiz. Sementara kesepakatan gencatan senjata yang dimedia PBB ini, seharusnya berlangsung selama sepekan.

Adapun gencatan senjata itu ditujukan agar bantuan kemanusiaan bisa masuk ke dalam Yaman, untuk disalurkan kepada 21 juta warga Yaman.

Sementara serangan udara yang dilakukan pihak koalisi Negara Arab, sudah berlangsung sejak Maret 2015. Serangan itu ditujukan kepada kelompok Houthi, sebagai upaya untuk mengembalikan kekuasaan Presiden Yaman Abed Rabbo Mansour Hadi.

Pihak Houthi, saat ini mengendalikan sebagian besar Yaman termasuk Sanaa dan Taiz. Warga setempat mengatakan, pertempuran darat antara Houthi dengan milisi loyalis pemerintah meningkat tajam beberapa jam sebagai gencatan senjata disepakati.

Semua pihak yang terlibat konflik menyambut baik pengumumaan dari gencatan senjata dan meminta hal tersebut diperpanjang.

Namun pihak Houthi justru tidak terlalu optimis dengan gencatan ini. "Kami tidak berharap gencatan ini bisa sukses, karena kesuksesan ini terkait komitmen dari pihak Arab Saudi yang memimpin serangan," ujar Pemimpin Houthi, Abdel-Malek al-Houthi, seperti dikutip Reuters, Sabtu (11/7/2015).

Meski sudah dihantam serangan udara koalisi Arab Saudi, pihak Houthi masih terus bertahan. Mereka pun memperkuat kekuasaan di Yaman.

 


(FJR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA