Politik Dinasti, PKS Hormati Putusan MK

Lukman Diah Sari    •    Minggu, 12 Jul 2015 08:24 WIB
mahkamah konstitusi
Politik Dinasti, PKS Hormati Putusan MK
Gedung Mahkamah Konstitusi. (MI/Immanuel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) melegalkan politik dinasti, nyatanya tak terlalu dipersoalkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

"Keputusan MK final dan mengikat. Karenanya PKS tetap menghormati keputusan MK," kata Sekretaris Fraksi PKS DPR RI Sukamta melalui siaran pers diterima Metrotvnews.com, Sabtu 11 Juli. 

Sukamta menegaskan, bahwa pihaknya menghormati putusan MK terkait bolehnya keluarga petahana untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada). Meskipun demikian, ia tetap melihat adanya peluang bagi politik dinasti untuk muncul akibat putusan MK ini.

MK telah memutuskan pencabutan pembatasan keluarga petahana untuk maju dalam pencalonan kepala daerah serta keharusan bagi anggota DPR, DPRD, dan DPD untuk mundur dari jabatannya jika ikut Pilkada. Putusan MK ini diambil berdasarkan asas equality before the law

"Sesuai dengan asas equality before the law, dalam UUD NRI 1945 disebutkan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk memilih atau dipilih," ungkapnya.

Ia menilai keputusan MK perlu diapresiasi.  Diharapkan akan mengokohkan demokrasi, walau membuka peluang terjadinya politik dinasti. 

Anggota DPR dari Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta ini melihat aturan bagi anggota DPR, DPRD dan DPD yang harus mundur dari jabatannya ketika mencalonkan diri dalam Pilkada justru bertentangan dengan asas equality before the law. 

"Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap putusan MK, saya menilai ada ketidakkonsistenan di sini," pungkasnya.


(LDS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA