Mudik Lebaran

Muatan Melebihi Batas! Ancam Keselamatan Pemudik Roda Dua

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 13 Jul 2015 09:24 WIB
mudik lebaran 2015
Muatan Melebihi Batas! Ancam Keselamatan Pemudik Roda Dua
Kelebihan muatan dapat membahayakan dan mengancam keselamatan pemudik kendaraan roda dua/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: H-4 menjelang Hari Raya Idul Ftri, banyak warga yang sudah berangkat ke kampung halamannya masing-masing alias mudik. Penggunaan alat transportasi yang aman menjadi perhatian Polri untuk dapat menekan angka kecelakaan saat arus mudik lebaran, dan yang menjadi perhatian khusus setiap tahun adalah pemudik yang menggunakan sepeda motor, dengan jumlah angka kecelakaan tertinggi saat arus mudik.
 
“Evaluasi tahun kemarin menunjukan, jumlah kecelakaan pasca lebaran sebanyak 650 orang meninggal dunia, 70 persen dari jumlah tersebut yang terlibat kecelakaan adalah kendaraan roda dua,” jelas Kombes Unggul Sedyantoro Kabid Management Operasional dan Rekayasa Korlantas Polri.
 
“Sepeda motor itu di desain untuk dalam kota bukan untuk antar kota, dan kendaraan yang paling labil karena hanya memliki dua roda, sehingga keseimbangan menjadi penting. Selain itu yang jadi masalah dari sepeda motor tidak ada kabin yang melindungi, begitu terjadi kecelakaan maka langsung ke orangnya. Oleh karena itu sangat tidak direkomendasikan menggunakan sepeda motor untuk mudik,” jelas Iskandar Abbubakar MSC, Ketua Global Safety Partnership Indonesia.
 
Meskipun ada himbauan dan peraturan pemerintah yang melarang mudik menggunakan sepeda motor, namun kenyataannya masih banyak warga yang menggunakan kendaraan roda dua ini untuk mudik, bahkan banyak dari mereka yang mengabaikan keselamatan dengan jumlah penumpang dan membawa barang melebihi kapasitas.
 
“Bagi warga yang terpaksa mudik pakai sepeda motor kalau bisa jangan untuk perjalanan jauh, dan kami menghimbau jangan menumpang lebih dari dua orang, barang bawaan jangan lebih panjang dari setir, terkadang keselamatan belum menjadi concern kita bersama,” tambah Unggul.   
 
“Kita sudah ukur dan evaluasi, bahwa standarnya titik kelelahan pengendara sepeda motor setelah dua jam perjalanan, oleh karena itu dihimbau untuk istirahat. Untuk itu kami menyediakan cek point dengan jarak setiap dua jam, mulai dari wilayah Bekasi, Ciasem, Subang, Indramayu, Brebes, dan Tegal, mulai 10-25 Juli, berbarengan dengan Operasi Ketupat 2015, sehingga pemudik yang menggunakan roda dua bisa istirahat sejenak dan disediakan berbagai fasilitas dengan gratis," tutup Unggul.
 
Perhatikan dan patuhi peraturan, rambu serta marka jalan, tidak perlu memacu kendaraan agar cepat sampai tujuan, karena yang terpenting dari perjalanan mudik adalah keselamatan Anda dan keluarga, agar bisa berkumpul bersama keluarga di hari lebaran.
 


(UDA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA