Kiat Cerdas Mengelola Uang THR

Lukman Diah Sari    •    Minggu, 12 Jul 2015 09:08 WIB
ramadan 2015
Kiat Cerdas Mengelola Uang THR
Buruh dapat THR. (ANT)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jelang Hari Raya Idul Fitri, Tunjangan Hari Raya (THR) jelas merupakan yang dinantikan pekerja. Namun, bila perhitungan mengelola THR tidak tepat maka akan habis sebelum waktunya. 

Lantas, bagaimana mengelola THR agar tak habis sebelum kebutuhan hari raya terpenuhi? 

Executive Vice President, Health of Wealth Management and Business Strategy Commonwealth Bank Indonesia, Rian Kaslan membagi tipsnya untuk anda. “Perencanaan pengeluaran merupakan kunci pengelolaan uang THR. Kita mulai dengan membuat daftar pengeluaran sesuai prioritas," jelasnya, Minggu (12/7/2015).

Selain itu, buatlah pos anggaran prioritas terutama untuk daftar perencanaan THR. 

Kewajiban Zakat Fitrah
Zakat fitrah merupakan pengeluaran terpenting, pastikan Anda mengalokasikan dana untuk berzakat sekitar 2,5 persen dari total harta setahun.

Pembayaran THR pekerja di rumah dan lingkungan sekitar
Selain menerima THR, banyak pula yang juga memiliki kewajiban memberikan THR untuk pekerja di rumah dan lingkungan sekitar, seperti asisten rumah tangga, petugas kebersihan, dan keamanan.

Mudik
Mudik sudah menjadi tradisi jelang Idul Fitri. Dalam menganggarkan pengeluaran untuk mudik, semestinya sudah dilakukan sejak jauh hari. Yakni dengan memesan tiket perjalanan lebih awal dan carilan penawaran diskon terbaik. 

Belanja Makanan dan Open House
Belanja makanan meliputi belanja makanan sepanjang bulan Ramadhan, seperti acara buka bersama, dan kue lebaran serta minuman ringan yang disajikan saat open house. Alokasi anggaran terbagi dua kelompok besar yaitu untuk belanja makanan selama bulan puasa dan untuk sajian open house yang biasanya mulai mengalir di hari kedua setelah lebaran dimana sanak saudara dan rekan saling mengunjungi.

 “Dalam membuat daftar ini, kita dapat merefleksi dari pengeluaran dan kebutuhan dari tahun-tahun sebelumnya, terutama dalam merinci pos pengeluaran utama,” paparnya. 

 Selain pos anggaran tersebut, tentunya ada kebutuhan sekunder yang terkadang menarik pengeluaran lebih besar seperi membeli pakaian atau menyiapkan uang kecil untuk 'amplop' keponakan.

Untuk hal itu, tutur dia, lebih baik ajukan pertanyaan pada diri anda sendiri. Apakah perlu melakukan hal tersebut, seperti;

Apakah perlu membeli baju baru untuk lebaran?
Apakah perlu mempekerjakan asisten rumah tangga sementara (pembantu infal)?
Apakah perlu menyiapkan uang kecil untuk para keponakan?
 
Dengan pos anggaran prioritas, jelas bisa memudahkan anda dalam pengaturan uang THR. 


(LDS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA