Peneliti: Kemiskinan Salah Satu Pemicu Munculnya Terorisme

- 13 April 2013 20:26 wib
Ilustrasi---MI/Tiyok/bd
Ilustrasi---MI/Tiyok/bd

Metrotvnews.com,Jakarta: Kemiskinan bagaikan pisau bermata dua. Selain menimbulkan kriminalitas, kemiskinan pun kerap memicu tumbuhnya gerakan fanatik keagamaan yang akhirnya menjadi kelompok teroris.

Hal itu yang diungkap Hussain Mohiuddin Gadri, peneliti dari Minhajul Quran International, Pakistan, saat memberi kuliah umum tentang "Pakistan Youth Role in Preventing Pro-Violence Ideology di Kampus UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (13/4).

"Saat perang dingin, Pakistan menjadi lapangan perang negara tetangganya. Karena banyak rakyat Pakistan yang miskin, maka negara-negara maju yang meanfaatkan kemiskinan untuk membuat teroris," katanya.

Ia menjelaskan, saat itu Saudi Arabia yang berpaham Wahabi mulai ketakutan dengan munculnya Iran sebagai negara Islam Syiah. Lantaran itu, kata dia, Saudi membayar orang miskin sunni Pakistan, untuk membunuh kelompok Syiah di negara tersebut.

"Pemerintah Pakistan memberikan akses gratis untuk uang dan ideology Saudi yang berusaha jeras merekrut kelompok fanatik agar bergabung dengan Taliban," sebutnya.

Kondisi tersebut, kata dia, berimbas pada suasana harmonis yang terjadi di Pakistan. Sebab, jumlah pembunuhan, benih-benih permusuhan sektarian (kelompok keagamaan) bertambah.

"Hal itu kemudian memicu Iran untuk mendukung kelompok Syiah di Pakistan untuk melindungi kepentingan mereka dalam mengembangkan komunitas Syiah," tegasnya.

()

SEKRETARIS Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy mengungkapkan forum Musyawarah Kerja Nasional…