Swedia Ciptakan Lengan Robotik LEGO Khusus Anak-Anak Penyandang Cacat

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 12 Jul 2015 13:55 WIB
robot
Swedia Ciptakan Lengan Robotik LEGO Khusus Anak-Anak Penyandang Cacat
Lengan robotik IKO prosthetic system dapat dipadukan dengan LEGO (foto: Slash Gear)

Metrotvnews.com: Saat ini, teknologi lengan robotik telah banyak digunakan untuk membantu mereka yang mengalami cacat lengan agar dapat kembali beraktivitas dengan normal. Lengan robotik untuk para penyandang cacat atau prosthetic arm biasanya berbentuk lengan robot biasa yang dihubungkan dengan lengan sang penyandang cacat. Namun prosthetic arm yang dibuat Umea University, Swedia, ini benar-benar berbeda dan revolusioner.

Para peneliti di Umea University berhasil membuat sebuah prosthetic arm yang ujungnya dapat diubah sesuai dengan kehendak penggunanya. Hebatnya lagi, prosthetic arm tersebut telah dirancang agar kompatibel dengan mainan LEGO. Prosthetic arm bernama IKO prosthetic system tersebut kini telah berkolaborasi dengan Lego FutureLab dan sebuah organisasi penyandang cacat CIREC.

Penciptaan prosthetic arm dengan menggunakan LEGO bertujuan untuk membuat para anak-anak penyandang cacat lengan agar dapat mau menggunakan prosthetic arm di kesehariannya. IKO prosthetic system juga diharapkan dapat membuat anak-anak tersebut terhindar dari tekanan mental dan dapat bermain sekaligus bereksperimen dengan lengan robotik yang terpasang di tubuhnya. (Slash Gear)


(ABE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA