Militan Senior ISIS Tewas dalam Serangan Udara AS

Willy Haryono    •    Minggu, 12 Jul 2015 14:32 WIB
isis
Militan Senior ISIS Tewas dalam Serangan Udara AS
Kelompok militan ISIS berparade sambil mengibarkan bendera khasnya. (Foto: AFP / Al-Baraka News)

Metrotvnews.com, Kabul: Seorang militan senior grup ekstremis Islamic State (ISIS) di Afghanistan dan Pakistan tewas dalam sebuah serangan udara pesawat tanpa awak alis drone milik Amerika Serikat.

Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan (NDS) mengklaim Hafiz Saeed dan 30 militan lainnya terbunuh dalam serangan drone di timur Afghanistan pada Jumat kemarin.

"Berdasarkan intelijen NDS, HAFEZ SAYEED, kepala Daesh (ISIS) di wilayah yang disebut Khurassan, terbunuh dalam serangan udara di Achin, NGR," tulis perwakilan NDS dalam akun Twitter, Sabtu (11/7/2015).

Militer AS belum dapat mengonfirmasi apakah Saeed tewas dalam serangan udara.

"Apakah ada sejumlah petinggi di antara korban tewas? Mungkin saja, tapi kami belum mendapat konfirmasi," ucap seorang pejabat senior militer AS kepada NBC News.

Saeed, warga Pakistan, adalah mantan komandan Taliban yang bergabung dengan ISIS di tahun 2012. Pada 2012, AS menawarkan USD10 juta untuk informasi yang dapat digunakan untuk menangkap Saeed. Saeed dituding berada di balik serangan teror di Mumbai, Kenya, pada 2008 yang menewaskan 166 orang.

Pada April tahun lalu, ada laporan kepala ISIS Abu Bakr al-Baghdadi tewas dalam serangan udara. ISIS kemudian merilis sebuah video yang memperlihatkan al-Baghdadi masih hidup.

 


(WIL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA