Penumpang Solo dan Yogyakarta Dominasi Terminal Purabaya

Amaluddin    •    Minggu, 12 Jul 2015 16:21 WIB
ramadan 2015
Penumpang Solo dan Yogyakarta Dominasi Terminal Purabaya
Terminal Purabaya Bungurasih tampak padat oleh penumpang yang akan mudik. Foto: MTVN/Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Terminal Purabaya Surabaya didominasi penumpang bus tujuan Solo dan Yogyakarta. Ribuan pemudik ini berangkat menggunakan bus ekonomi dan nonekonomi (patas).

"Untuk bus Antarkota dalam Provinsi (AKDP) didominasi bus jurusan Malang," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Purabaya Surabaya alias Bungurasih, May Ronald, Minggu (12/7/2015).

Ronald membeberkan, untuk penumpang rute Surabaya-Solo-Yogyakarta, terdiri dari 6.488 penumpang dengan pemberangkatan 154 bus per hari. "Rinciannya, 1.476 penumpang dengan 46 bus patas, dan 5.012 penumpang dengan 108 bus ekonomi," katanya.

Sementara untuk bus AKDP, bus rute Surabaya-Malang terbanyak membawa penumpang. Disusul bus rute Surabaya-Probolinggo-Banyuwangi, dan bus rute Surabaya-Kediri-Trenggalek.

Bus tujuan Malang mampu memberangkatkan sebanyak 5.059 penumpang (bus ekonomi dan nonekonomi). Sementara untuk bus tujuan Probolinggo dan Banyuwangi sebanyak 4.857 penumpang, dan terakhir 4.141 penumpang ke Kediri dan Trenggalek.

Ronald memprediksi jumlah penumpang akan meningkat pada H-3 sampai H-2 sebelum Lebaran 2015. "Mungkin pemudik nanti bisa mencapai 90 ribu penumpang seperti tahun lalu," tukasnya.

Pantauan Metrotvnews.com di lokasi, meski sudah ada peningkatan jumlah penumpang, bus yang tersedia masih bisa mengangkut semua penumpang yang ada. Tidak terlihat adanya rebutan masuk bus.

Petugas terlihat berjaga di sekitar terminal pemberangkatan. Jumlah penumpang yang berangkat per hari ini diperkirakan 30 ribu dengan jumlah bus dikerahkan sebanyak 757 unit. Sedangkan penumpang yang datang ke terminal terbesar di Jawa Timur itu mencapai 27.119 dengan jumlah bus yang datang sebanyak 1.000 unit.


(UWA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA