Gurami Kremes Padang Pasir Bikin Gemes

Iswahyudi    •    Minggu, 12 Jul 2015 17:09 WIB
ramadan 2015
Gurami Kremes Padang Pasir <i>Bikin Gemes</i>
Sajian gurami padang pasir. Foto: MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Para pemudik yang sudah memasuki Kendal, Jawa Tengah, tak salah jika mampir untuk berbuka puasa di Rumah Makan Tirtoarum. Di sini disediakan sejumlah inovasi olahan ikan tawar gurami. Salah satunya gurami padang pasir yang digoreng dengan tepung.

Sri Sarwo Utomo, pemilik restoran, mengatakan gurami padang pasir merupakan menu andalan di restorannya. "Proses pembuatannya hanya membutuhkan bumbu tepung, bawang merah, bawang putih, serta telur. Ikan gurami yang sudah dibersihkan dibelah dan dilumuri dengan tepung untuk kemudian digoreng hingga kering," katanya ditemui Minggu (12/7/2015).

Sedangkan untuk sensasi kremesnya, Sarwo menggunakan campuran bumbu dan telur, serta dimasak dalam minyak yang panas agar tepung tidak menggumpal.

Gurami padang pasir ini nikmat disajikan dengan sambal serta lalapan. Bagi penikmatnya, gurami ini  tidak amis karena adanya taburan tepung krispi yang renyah.

Deni, warga Wonogiri yang baru pertama merasakan menu ini, mengaku menikmati sajian gurami padang pasir. "Saya juga memesan untuk dibungkus. Untuk orang rumah," katanya.

Harga gurami padang pasir ini Rp80 ribu per kilogram. Biasanya berisi dua atau tiga ekor ikan gurami berukuran sedang dan bisa dinikmati oleh empat orang.

Penasaran dengan rasa renyah gurami padang pasir tidak ada salahnya jika melintas pantura Kendal untuk singgah di tempat ini. Lokasinya Restoran terletak di pinggir jalan raya. Selain resto ada juga berbagai permainan anak-anak seperti kolam renang, tempat outbond, dan playing fox.


(UWA)