Permintaan Gas Elpiji di Ambon Masih Normal

Antara    •    Senin, 13 Jul 2015 11:46 WIB
elpiji
Permintaan Gas Elpiji di Ambon Masih Normal
Ilustrasi (ANTARA FOTO/HO/PRIYO)

Metrotvnews.com, Ambon: Permintaan gas elpiji 12 kilogram (kg) di Kota Ambon hingga memasuki H-5 menjelang Lebaran 1436 Hijriah atau Lebaran 2015 masih tetap normal. Belum ada tanda-tanda kenaikan permintaan yang signifikan.

"Belum terjadi perubahan permintaan. Tetap biasa saja. Apalagi, stok BBM terutama minyak tanah di Kota Ambon masih mencukupi," kata Direktur PT Pemantik Sumber Pratama Andre Talahatu, di Ambon, Senin (13/7/2015).

Selain itu, lanjutnya, stok juga cukup banyak bahkan bisa mengisi permintaan masyarakat hingga dua minggu ke depan. Stok elpiji 12 kg saat ini tercatat ada sebanyak lebih dari 1.000 tabung. Namun, elpiji ukuran 50 kg stoknya terbilang sedikit. Tabung 50 kg kurang laku akibat kapal-kapal nelayan sudah tidak melaut terkait moratorium.

"Biasanya elpiji ukuran 50 kg ini dipesan langsung oleh kapal-kapal nelayan yang mau melaut, hanya saja karena moratorium kapal-kapal nelayan tidak berlayar akibatnya permintaan gas elpiji ukuran 50 kg lesuh," ujarnya.

Ia melanjutkan, kalaupun ada permintaan biasanya hanya untuk sejumlah restoran saja. Dan, jumlahnya relatif kecil. Lain hal dengan ukuran 12 kg di mana permintaannya tetap normal dikarenakan selain kebutuhan restoran juga dibutuhkan bagi keperluan rumah tangga untuk memasak.


(ABD)