Peroleh Bagian Blok Total Luar Negeri, Pertamina Share Down

Annisa ayu artanti    •    Senin, 13 Jul 2015 14:20 WIB
pertamina
Peroleh Bagian Blok Total Luar Negeri, Pertamina <i>Share Down</i>
pertamina (ANTARA,Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Upaya share down saham Blok Mahakam tidak serta merta bertujuan untuk mempermudah proses transisi, melainkan merupakan strategi Pertamina untuk dapat memperoleh share down atas blok Total ditempat lain.

"Alasan kedua, Mungkin Pertamina bisa memperoleh share down di tempat lain (blok Total di luar negeri) sebagai kompensasinya," kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto saat dihubungi Metrotvnews.com, di Jakarta, Senin (13/7/2015).

Vice President Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro beberapa hari lalu menjelaskan posisi Pertamina dan Total sama-sama memiliki aset, Total memiliki aset diluar negeri dan Indonesia memiliki aset di dalam negeri. Dari situ, nanti dilihat keekonomian, potensi reserve, dan produksi bagaimana.

"Sama lah kayak kita beli di Algeria, Irak, Malaysia. Kita punya Participating Interest (PI) kan sekian persen, dari PI itu dari 40 ribu barel per hari (bph) kita bisa bawa sekian ribu barel per hari ke Indonesia, diolah lagi di kilangnya Pertamina untuk jadi produksi BBM di Indonesia," jelas Wianda.

Lebih lanjut, Wianda mengatakan, ini merupakan proses negosiasi bisnis dengan Total, jadi semua diserahkan ke meja negosiasi. Mau Total menerima atau tidak menerima share down saham 30 persen ini,

Wianda menegaskan Pertamina tetap siap kelola Blok Mahakam tersebut.

"Kita in term of business harus straight karena ini kan sudah masuk fase negosiasi. Karena ini bisnis, there is a money in here. Ini business deal yang serius," ungkap wianda.

Sebagai informasi, Pemerintah sudah membuat keputusan pembagian saham Blok Mahakam yakni sebesar 70 persen untuk Pertamina dan BUMD Kalimantan Timur, kemudian 30 persen untuk operator

existing Total dan Inpex.

 


(SAW)

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

1 hour Ago

KPK diinformasikan akan menjemput Setya Novanto dari RSCM untuk dibawa ke Rutan KPK. Namun KPK …

BERITA LAINNYA