Pertumbuhan Kredit Diperkirakan Menguat di Triwulan III-2015

Angga Bratadharma    •    Senin, 13 Jul 2015 14:48 WIB
bank indonesiakredit
Pertumbuhan Kredit Diperkirakan Menguat di Triwulan III-2015
BI (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan triwulanan kredit baru akan menguat pada triwulan III-2015. Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) perkiraan kredit baru triwulan III-2015 sebesar 95,7 persen, meningkat dari 66,7 persen pada triwulan II-2015.

Mengutip laman BI, Senin (13/7/2015) diungkapkan optimisme peningkatan kredit baru tersebut didorong oleh perkiraan membaiknya kondisi ekonomi dan meningkatnya kecukupan modal industri perbankan di Indonesia.

Pada triwulan III-2015, Kredit Modal Kerja (KMK) masih menjadi prioritas utama perbankan dalam penyaluran kredit. Menurut orientasi penggunaan kredit, perbankan lebih memprioritaskan kredit yang berorientasi ekspor dibandingkan kredit yang berorientasi impor.

Sebanyak 70 persen responden menyatakan bahwa kebijakan penyaluran kredit pada triwulan III-2015 relatif sama dengan triwulan sebelumnya. Sementara itu, sebanyak 25 persen responden yang akan memperketat penyaluran kreditnya menyatakan bahwa pengetatan tersebut lebih ditujukan untuk KMK dan Kredit Investasi (KI).

Sedangkan sebanyak lima persen responden menyatakan akan memperlonggar kebijakan kreditnya yang ditujukan untuk penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen (KPA).

Selain itu, BI juga memperkirakan optimisme pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) semakin tinggi pada triwulan III-2015. Indikasi tersebut tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pertumbuhan triwulanan penghimpunan DPK sebesar 93,2 persen lebih tinggi dari 90,3 persen pada triwulan sebelumnya.

Semua jenis simpanan diperkirakan tumbuh menguat, di mana SBT perkiraan pertumbuhan giro naik menjadi 94,6 persen, tabungan menjadi 97,2 persen, dan deposito menjadi 85,2 persen.

Perkiraan suku bunga dana yang masih menarik dan kebijakan moneter yang mendukung menjadi faktor utama yang mendorong laju pertumbuhan DPK pada triwulan III-2015. Pertumbuhan DPK pada Mei 2015 tercatat sebesar 12,4 persen (yoy), sedangkan pertumbuhan giro, tabungan, dan deposito masing-masing sebesar 10 persen, 3,8 persen, dan 19,5 persen (yoy).


(ABD)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

29 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA