Bau Belerang Tercium Menyengat dari Gunung Raung

Wandi Yusuf    •    Senin, 13 Jul 2015 15:33 WIB
gunung raung
Bau Belerang Tercium Menyengat dari Gunung Raung
Gunung Raung mengeluarkan asap pekat, MI/ Khoirul Hamdani

Metrotvnews.com, Banyuwangi: Gunung Raung di Jawa Timur masih berada di status Level III atau siaga dan masih menampakkan aktivitas vulkanik. Bunyi gemuruh terdengar. Bau belerang pun tercium menyengat.

Hingga Senin 13 Juli, gempa tremor vulkanik masih terjadi di Gunung Raung. Itu terjadi lantaran pergerakan fluida atau magma encer di bawah puncak gunung.

Asap kelabu tebal pun menghembus hingga ketinggian 800 meter menuju arah selatan dan barat daya. Kemarin malam, petugas juga melihat sinar api di puncak gunung.

Hujan abu hitam turun di beberapa daerah di Banyuwangi seperti Kecamatan Genteng Kulon, Rogojampi, Songgon, Sragi, Kali Baru, dan Licin. Di Bondowoso, hujan abu terjadi di area tanaman kopi afdeling Jampit PTPN XII Kebun Kalisat, Jampit, Kecamatan Sempol.

Sedangkan di Jember, abu vulkanik berukuran lebih tipis menghujani Desa Sumber Malang, Kecamatan Sumber Jambe. Kondisi yang sama pun terjadi di Kecamatan Asembagus dan Kecamatan, Situbondo.

"Sebanyak 18.910 jiwa di dua kecamatan terdampak oleh abu vulkanik tersebut. Lantaran itu BPBD telah membagi ribuan masker kepada masyarakat di 4 kabupaten yang mengalami hujan abu," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com.

Meski demikian, petugas menganggap belum perlu mengungsikan warga. Namun petugas meminta warga mematuhi aturan PVMBG soal zona aman radius 3 Km dari puncak gunung.
 


(RRN)