Jelang Lebaran, Omzet Pedagang di Pasar Beringharjo Malah Menurun

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 13 Jul 2015 16:50 WIB
ramadan 2015
Jelang Lebaran, Omzet Pedagang di Pasar Beringharjo Malah Menurun
illustrasi pasar (ANT,Aditya Pradana Putra)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Momen menjelang perayaan hari raya Idul Fitri menjadi kebiasan sebagian besar penduduk Indonesia berburu pakaian baru. Namun, tak seperti biasanya, salah satu pasar tua di Yogyakarta, yakni Pasar Beringharjo justru mengalami penurunan omzet.

Salah seorang pedagang batik Pasar Beringharjo Ninuk mengatakan menjelang Lebaran 2015 ini omzet penjualannya justru mengalami penurunan. Padahal sebelum Lebaran di tahun-tahun sebelumnya, mulai H-7 hingga H-1 Lebaran selalu ramai pembeli.

"Kalau sekarang ramai kan karena liburan," kata Nunik kepada Metrotvnews.com, Senin (13/7/2015).

Menurutnya, kebanyakan pedagang di Pasar Beringharjo mengalami penurunan pendapatan. Ia memperkirakan akan mengalami penurunan omzet hampir mencapai 50 persen.

"Ya tidak tahu kenapa bisa ada penurunan. Tapi memang biasanya ramai kalau musim liburan. Rasanya, pasar mulai enggak begitu ramai dalam enam bulan terakhir," kata dia.

Pantauan Metrotvnews.com, suasana di dalam pasar tidak begitu ramai. Jalan di antara kios yang biasanya sesak pembeli saat ini tampak landai dan terkesan lengang.

Nunung, yang juga penjual batik di Pasar Beringharjo mengaku mengalami hal serupa. Ia memperkirakan, pengunjung pasar akan ramai pada saat libur Lebaran.

"Kalau liburan Lebaran banyak wisatawan, lalu yang beli batik terkadang juga lumayan. Harapan pedagang sini ya libur lebaran banyak pengunjung sama banyak pembeli," ungkapnya.


(SAW)

Kasus KTP-el, Bos Delta Energy Diperiksa KPK

Kasus KTP-el, Bos Delta Energy Diperiksa KPK

10 minutes Ago

Bos PT Delta Energy dan toko buku Gunung Agung, Made Oka diperiksa KPK selama tujuh jam soal ka…

BERITA LAINNYA