Guru Honorer Kemenag di Brebes Belum Digaji 4 Bulan

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 13 Jul 2015 18:10 WIB
gaji pns telat
Guru Honorer Kemenag di Brebes Belum Digaji 4 Bulan
Sejumlah guru di MTs Negeri Model, Brebes, resah gaji selama empat bulan belum cair. Foto: MTVN/Kuntoro

Metrotvnews.com, Brebes: Guru honorer di bawah naungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, resah. Honor mereka selama empat bulan terakhir belum diterima akibat tersendatnya dana bantuan operasional sekolah (BOS) dari Kementerian Agama. Dana BOS yang belum cair itu terhitung sejak April hingga Juli ini.

Ifa Hanifa, salah satu guru honorer di MTs Negeri Model, Brebes, khawatir macetnya dana BOS bukan dari tingkat kabupaten maupun provinsi, melainkan langsung dari pusat. Karena, kata dia, sejumlah persyaratan berupa surat pertanggungjawaban sudah dirampungkan.

“Kami khawatir ada persoalan di tingkat pusat," kata Ifa, ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/7/2015).

Namun demikian, Ifa tetap sabar menanti. “Saya cuma orang kecil. Hanya bisa sabar. Insya Allah rezeki sudah diatur,” ujarnya.

Kustoro Why, aktivis pendidikan asal Brebes, mengaku telah mengirim pesan singkat ke Presiden Joko Widodo perihal macetnya BOS di Kemenag ini. Ia menuturkan, kondisi seperti ini membuat nasib para pendidik swasta semakin terkatung-katung.

“Kondisi tersebut diperparah dengan belum terbayarnya pinjaman sejumlah pengelola sekolah swasta untuk menutupi biaya operasional sekolah,” katanya.

Kondisi berbeda justru dirasakan pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintahan Kabupaten Brebes. Menjelang Lebaran, para PNS sudah menikmati gaji ke-13.

"Ya, gaji ke-13 sudah cair untuk seluruh PNS pemkab Brebes," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol pemkab Brebes, Atmo Tan Sidik. Menurut Atmo, pencairan gaji ke-13 maupun rapelan ke masing-masing rekening PNS itu dilakukan dua kali.


(UWA)

Surat Novanto Tak akan Pengaruhi Sidang MKD

Surat Novanto Tak akan Pengaruhi Sidang MKD

28 minutes Ago

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad melalui sambungan telepon mengatakan be…

BERITA LAINNYA