Menkeu: Inflasi Ramadan & Lebaran Tahun Ini Terendah Selama 5 Tahun Terakhir

Eko Nordiansyah    •    Senin, 13 Jul 2015 18:53 WIB
ekonomi indonesia
Menkeu: Inflasi Ramadan & Lebaran Tahun Ini Terendah Selama 5 Tahun Terakhir
Bambang Brodjonegoro(ANT,Sigid Kurniawan) (belum)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan inflasi selama Ramadan sampai dengan jelang Lebaran tahun ini bisa dikatakan terkendali. Bahkan inflasi Ramadan dan Lebaran tahun ini merupakan yang paling rendah dari lima tahun sebelumnya.

"Kalau lihat inflasi Juni ada indikasi bahwa inflasi ramadan lebaran akan jadi ramadan dan lebaran yang mungkin terendah lima tahun terakhir atau kedua terendah. Jadi potensinya itu, inflasi Ramadan dan

Lebaran ini terkendali," ujar dia di Hi Co Scan Container Terminal JICT I Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/7/2015).

Menurutnya, terkendalinya inflasi tidak lepas dari upaya pemerintah melakukan stabilisasi harga pangan selama ramadan dan Lebaran. Ketika terjadi kenaikan harga pangan, pemerintah langsung merespon melalui operasi pasar.

"Indikasinya berarti kita bisa kendalikan selama ramadan dan lebaran dan pangan meningkat jika tidak disertai dengan demand yang memadai maka akan ada kenaikan harga. Nah dengan bulan lalu kita sudah lakukan operasi pasar, akhirnya kenaikan harga dikendalikan," terangnya.

Dirinya menambahkan, meskipun ada dampak dari pelemahan konsumsi akibat melambatnya pertumbuhan ekonomi, inflasi di akhir tahun ini diharapkan tetap ada di kisaran empat persen sampai 4,5 persen.


(SAW)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

5 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA