Angin Kencang Lumpuhkan Perjalanan Mudik ke Madura

Amaluddin    •    Senin, 13 Jul 2015 20:24 WIB
ramadan 2015
Angin Kencang Lumpuhkan Perjalanan Mudik ke Madura
Sejumlah kendaraan melintas di Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (5/5). Foto: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Surabaya: Sejumlah arus mudik darat dan laut ditutup sementara akibat angin kencang serta tingginya gelombang laut yang mencapai 3-4 meter. Untuk di Jawa Timur perjalanan ke Pulau Bawean dan Madura ditutup untuk semua jurusan.

“Kapal jurusan kepulauan seperi Bawean ditutup sementara karena gelombang tinggi. Untuk penyeberangan jembatan Suramadu, batas keamanan 40 kilometer per jam. Roda dua dilarang melintas untuk sementara," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Tanjung Perak Surabaya, Bambang Setiadjit, Senin (13/7/2015).

Pantauan BMKG, angin berkecepatan 24 knot atau setara dengan 45 kilometer per jam. Angin kencang itu memengaruhi ketinggian ombak di pesisir pulau Jawa hingga setinggi empat meter.
 
“Di laut lepas ketinggian ombak sampai 4-5 meter,” kata Bambang, sambil menginformasikan bahwa saat ini perjalanan laut yang patut diwaspadai adalah di Laut Jawa sebelah timur.
 
Bambang mengimbau pemudik yang menggunakan jalur darat, khususnya pengendara roda dua agar lebih berhati-hati. Sebab, besarnya embusan angin membuat debu beterbangan dan mengganggu jarak pandang.
 
"Jika mau mudik, sebisa mungkin rumah ditinggal dalam keadaan rapi. Pastikan alat-alat yang dapat menimbulkan api sudah mati. Angin juga berpotensi menimbulkan kebakaran," kata Bambang.


(UWA)

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

3 hours Ago

Setyo menduga vertigo yang diderita Novanto berasal dari penyakit sinusitisnya.

BERITA LAINNYA