Ahok Minta BPK Terbuka Soal Prosedur Pemeriksaan Keuangan Daerah

Wanda Indana    •    Senin, 13 Jul 2015 22:16 WIB
ahok
Ahok Minta BPK Terbuka Soal Prosedur Pemeriksaan Keuangan Daerah
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama--MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk terbuka terkait prosedur pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah. Ahok curiga, prosedur yang digunakan BPK selama ini tidak sama untuk setiap daerah.

"Saya bukan menyangkal, saya bukan protes tapi ini ada permainan. Seolah-olah saya tidak mau mengakui ada permainan di Pemprov DKI Jakarta, tidak bisa menerima kalau DKI dapat WDP (Wajar Dengan Pengecualian). Yang saya tuntut itu standar BPK kenapa ngaco," ujar Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (13/7/2015).

Mantan Bupati Belitung Timur itu menyatakan dirinya tidak masalah bila prosedur pemeriksaan laporan keuangan BPK terhadap laporan keuangan DKI. Terpenting, kata Ahok, BPK harus menjadikan prosedur pemeriksaan keuangan di DKI juga digunakan untuk mengaudit laporan keuangan di pemerintah daerah lainnya.

"Nanti BPK paling rumit dan mengada-ada cuma di DKI saja. Kenapa saya ingin seperti itu, saya akan gunakan standar di DKI untuk seluruh Indonesia. Nanti BPK tidak bisa ngelak. Sekarang kan BPK enggak pernah buka," tuturnya.

Agar permasalahan laporan keuangan Pemprov DKI tidak bermasalah lagi, suami Veronica Tan itu akan menarik dua orang dari BPK untuk diperbantukan membuat laporan keuangan Pemprov sesuai standar BPK. 

"Kita tarik dua orang BPK. Auditnya saja yang lebih, saya tidak masalah. Saya bahkan ingin BPK audit yang benar," pungkas Ahok. 


(REN)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

9 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA