SBY Blusukan, Warga Karawang Curhat Kesulitan Solar

- 16 April 2013 10:47 wib
ANTARA/Ahmad Subaidi/bo
ANTARA/Ahmad Subaidi/bo

Metrotvnews.com, Karawang: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono kembali blusukan menyapa warga. Kali ini, Kepala Negara menyambangi permukiman nelayan dan petani di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (16/4) pagi.

Lebih spesifiknya adalah permukiman nelayan di Dusun Pasir Putih, Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang Jawa Barat.

Di sini, Presiden memantau proses bongkar hasil laut neyalan hingga ke proses pelelangan ikan. Kemudian, dengan berjalan kaki, SBY dan rombongan berpindah lokasi menyaksikan pengolahan rajungan.

Kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu mendapat apresiasi dari masyarakat setempat. Mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menyampaikan sejumlah keluhan yang mereka alami, di antaranya sulitnya mendapatkan bahan bakar solar.

"Kami kesulitan solar yang merupakan modal utama untuk melaut," kata salah seorang nelayan Suhaeri.

Usai berdialog dengan nelayan setempat, SBY kembali melanjutkan ke titik lain, yakni ke Dusun Jeruk Simer, Desa Rawa Gempol Wetan, Kecamatan Cilamaya.

Presiden Yudhoyono kemudian bergabung bersama petani setempat memanen raya hasil sawah mereka.

Kunjungan ke Karawang ini sedianya dilaksanakan Februari lalu atau sepulangnya SBY 'turba' ke perkebunan wortel dan teh di Tegal dan Pemalang, Jawa Tengah. Namun kegiatan itu terpaksa ditunda karena bertepatan dengan hari tenang Pemilu Kada Jabar.

Turut hadir dalam acara turba (turun ke bawah) Menteri BUMN Dahlan Iskhan, Menteri Kelautan dan Perikanan Tjitjip Sutarjo, serta sejumlah staf khusus kepresidenan. (Risti Ayu)

()

Suryadharma Ali menyebut, ada aspirasi dari bawah yang menghendaki berkoalisi dengan Gerindra.