Kemenkes Soroti Kesehatan Masinis di Stasiun Tugu

Patricia Vicka    •    Senin, 13 Jul 2015 23:06 WIB
ramadan 2015
Kemenkes Soroti Kesehatan Masinis di Stasiun Tugu
Penumpang keluar dari kereta asal Jakarta di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Sabtu (11/7). Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3L) Kementerian Kesehatan, HM Subuh, mengunjungi beberapa posko kesehatan di Yogyakarta. Salah satunya di Stasiun Tugu, Yogyakarta.

Subuh menilai posko kesehatan di seluruh Yogyakarta sudah siap melayani para pemudik. "Pantauan saya posko kesehatan sudah baik dan siap melayani kesehatan pemudik," ujarnya, di posko kesehatan Stasiun Tugu, Senin (13/7/2015).

Saat tiba di Stasiun Tugu sekitar pukul 15.30, ia langsung mengecek ketersediaan obat dan kesiapan petugas kesehatan di posko tersebut.

"Posko ini adalah bentuk tanggung jawab perusahaan untuk pekan mudik. Saya lihat semua sudah baik. Toilet juga sudah diperhatikan," tuturnya.

Tak lupa ia mengecek kesehatan para masinis di PT KAI Daerah Operasi 6. "Sebelum berangkat masinis harus diperiksa. Kalau tidak memenuhi persyaratan harus diganti oleh yang lain," jelasnya.

Ia mengapresiasi kesiapan PT KAI Daop 6 dalam menyiapkan pos kesehatan. "Ada peningkatan pelayanan kesehatan di stasiun dibanding tahun lalu. Saya harap tidak ada kejadian serius yang butuh pelayanan kesehatan," kata dia.

Manajer Kesehatan PT KAI Daop 6, dokter Astrid Anindita, mengatakan pihaknya turut menggandeng PMI dan dinas kesehatan DIY untuk menyiagakan tim kesehatan di Posko Kesehatan.

"Kami kerahkan 30 petugas medis dan 10 relawan medis untuk enam posko kesehatan di Daop 6. Selain obat-obatan, kami siapkan satu ambulan dan satu tabung oksigen," jelasnya.

Sebelumnya, rombongan Dirjen P3L Kemenkes juga mengunjungi beberapa posko kesehatan di kawasan Prambanan, Giwangan, dan Sedayu.


(UWA)