Komisioner KY Tersangka

Komisioner KY Jadi Tersangka, Buya Syafii: Presiden Harus Bertindak

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 14 Jul 2015 00:32 WIB
sarpin effect
Komisioner KY Jadi Tersangka, Buya Syafii: Presiden Harus Bertindak
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif. (MI-Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif kecewa dengan situasi penegakan hukum saat ini. Apalagi baru-baru ini dua Komisioner Komisi Yudisial (KY) ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Mabes Polri terkait kasus pencemaran nama baik Hakim Sarpin Rizaldi. 

"Antara penegak hukum itu main kucing-kucingan, itu menurut saya tidak sehat bagi Republik ini," kata Buya Syafii sapaan akrabnya di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/7/2015).

Buya meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk mengambil langkah tegas dalam mengatasi situasi ini.

"Semestinya presiden keh (bertindak) gitu lho, harus bertindak ya, harus tegas," tegas dia.

Ia berharap Jokowi dapat mengusut tuntas penetapan tersangka tersebut. Jika memang ada oknum kepolisian yang bersalah, maka Jokowi harus tegas meminta kepada Kapolri Jenderal Badrodin Haiti untuk menggantinya. Supaya, kegaduhan dalam penegakan hukum ini tidak menjadi berlarut-larut.

"Ada aparat yang jelas itu melukai publik, melukai hukum diganti. Kenapa sulit amat, perintahkan Pak Haiti mengganti," pungkas dia.

Sebelumnya, Sarpin melaporkan Ketua KY Suparman Marzuki dan komisoner KY Taufiqurrohman Syahuri ke Bareskrim Mabes Polri dengan No Pol: LP/335/III/2015/Bareskrim tertanggal 18 Maret 2015. Laporan dilakukan menyusul munculnya sejumlah kecaman setelah Sarpin memutuskan memenangkan gugatan praperadilan Budi Gunawan.


(REN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA