Pria Berpakaian Wanita Ledakkan Diri, 15 Orang Tewas

Willy Haryono    •    Selasa, 14 Jul 2015 05:50 WIB
bom bunuh diri
Pria Berpakaian Wanita Ledakkan Diri, 15 Orang Tewas
Sekumpulan wanita yang mengenakan burqa di Kabul, Afghanistan, 26 April 2014. (Foto: AFP / Wakil Kohsar)

Metrotvnews.com, N'Djamena: Seorang pria yang mengenakan burka atau pakaian khas wanita Muslim yang menutupi seluruh bagian tubuh meledakkan diri di pasar utama N'Djamena, Chad.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab, tapi pemerintah Chad menuding pemboman didalangi Boko Haram, grup ekstremis asal Nigeria. 

Juru bicara polisi Paul Manga mengatakan 16 orang, termasuk pelaku, meninggal dunia. Ledakan kedua sekitar 30 kilometer dari N'Djamena menewaskan satu orang.

Saksi mata dari Reuters, belum lama ini, melihat setidaknya sepuluh jasad yang ditutupi kain terbaring di pintu masuk pasar di dekat sayur-sayuran. Petugas menutup akses masuk ke pasar dan memeriksa semua lapak pedagang untuk mencari kemungkinan adanya bom lain. 

Bulan lalu, pemerintah Chad melarang penggunaan burka karena dapat digunakan pelaku teror untuk menyamar atau menyembunyikan bahan peledak. 

"Pelaku ada pria yang menyamar sebagai wanita. Dia mencoba masuk ke pasar, tapi dihentikan polisi. Saat itulah dia meledakkan diri," ujar Manga. 

Warga mengaku ledakan terjadi sekitar pukul 08.30 pagi, saat para pedagang dan pembeli ramai bertransaksi. 

"Sangatlah buruk mengalami kejadian seperti ini di bulan suci Ramadan dan juga terjadi di samping masjid utama N'Djamena," kata Abubakar, warga setempat. 

Boko Haram berusaha mendirikan negara Islam di Nigeria dan mulai menyebarkan terornya ke beberapa negara tetangga seperti Chad, Kamerun dan Niger. Boko Haram telah mendeklarasikan kesetiaan pada Islamic State (ISIS). 



(WIL)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

8 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA