Kim Jong-un Tunjuk Pengganti Menhan yang Sudah Dieksekusi

Willy Haryono    •    Selasa, 14 Jul 2015 06:04 WIB
kim jong-un
Kim Jong-un Tunjuk Pengganti Menhan yang Sudah Dieksekusi
Pemimpin Korut Kim Jong-un memantau latihan militer di tempat yang tidak disebutkan, 24 Januari 2015. (Foto: KCNA)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menunjuk jenderal bintang empat untuk mengisi posisi kosong Menteri Pertahanan yang dilaporkan telah dieksekusi tiga bulan lalu. 

Media resmi Korut KCNA menyebut Jenderal Pak Yong-sik sebagai "Kepala Kementerian Pasukan Bersenjata Korut," yang setara dengan Menhan. 

Pak beberapa kali muncul bersama rombongan Kim dalam dua pekan terakhir, yang otomatis memicu spekulasi dirinya akan ditunjuk sebagai Menhan baru. 

Menhan dianggap sebagai posisi kedua atau ketiga tertinggi dalam hierarki militer Korut. 

Menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap, Pak dipromosikan sebagai mayor jenderal di militer Korut pada 1999. Ia menjadi jenderal bintang empat pada Mei lalu. 

Ini adalah kali pertamanya Korut mengonfirmasi adanya pengganti dalam jabatan yang kosong, setelah Menhan terdahulu Hyon Yong-chol, dieksekusi pada April. 

Agensi intelijen Korsel melaporkan Hyon dieksekusi karena tertidur dalam acara resmi yang dipimpin Kim. Sejak laporan eksekusi beredar, televisi di Korut hanya menyiarkan siaran rekaman yang ada Hyon di dalamnya.

Media Korut dikenal kerap menghapus segala sesuatu mengenai pejabat yang sudah dieksekusi dan menghapusnya dari rekaman apapun. 


(WIL)