Pemerintah akan Bantu KPU Tindaklanjuti Hasil Audit BPK

Arga sumantri    •    Selasa, 14 Jul 2015 08:47 WIB
kpu
Pemerintah akan Bantu KPU Tindaklanjuti Hasil Audit BPK
Press Conference di Rumah Dinas Wapres JK-- Metrotvnews.com/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menyatakan siap membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelesaikan masalah yang ada sesuai hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Hal itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) usai memimpin pertemuan dengan KPU, Bawaslu, Menteri Kabinet Kerja serta para petinggi parpol Tanah Air.

"Itu (hasil audit BPK) akan dibicarakan. Kita akan membantu KPU menyiapkannya apabila ada hal-hal yang kurang," kata JK usai memimpin pertemuan di rumah dinasnya, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (13/7/2015).

Sebelumnya, Ketua KPU, Husni Kamil Manik meminta pemerintah untuk segera menindaklanjuti hasil temuan BPK terkait persiapan pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Selain itu, KPU juga menunggu respon dari DPR untuk membahas temuan BPK tersebut.

"Kami menyampaikan agar pemerintah segera berinisiatif untuk menindaklanjuti hasil temuan BPK itu. Agar Kekurangan-kekurangan yang ada bisa diantisipasi sebelum tahapan berlanjut. Dan utamanya sebelum pemungutan suara 9 Desember selesai. Saya melihat ada komitmen itu dari pemerintah," papar Husni.

Diketahui, hasil audit BPK mengungkap setidaknya ada 10 temuan terkait persiapan pelaksanaan Pilkada serentak. BPK melakukan audit itu atas permintaan dari DPR. 10 Temuan hasil audit BPK menunjukkan KPU belum cukup siap melaksanakan pilkada serentak.

BPK melakukan pemeriksaan dengan tujuan tertentu terhadap penyelenggaraan pilkada serentak 2015. Pemeriksaan itu dilakukan setelah sebelumnya menerima permintaan dari Pimpinan DPR melalui surat Ketua DPR Nomor PW/0706/DPR/RI/V/2015 tertanggal 21 Mei 2015.


(YDH)