Biar Aman, Masinis KAI Daop 6 Cek Kesehatan Tiap Hari

Patricia Vicka    •    Selasa, 14 Jul 2015 10:26 WIB
kereta api
Biar Aman, Masinis KAI Daop 6 Cek Kesehatan Tiap Hari
Petugas BNN mengambil sampel rambut masinis untuk keperluan tes kesehatan, MI/Angga Yuniar

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Demi memberikan rasa aman kepada para pemudik, pengelola Stasiun Tugu Yogyakarta melakukan tes kesehatan kepada para masinis dan awak kereta setiap hari.

Kepala Stasiun Tugu Sudarto mengatakan pemeriksaan kesehatan masinis dan petugas kereta sudah menjadi hal wajib sebelum bertugas.

"Bukan hanya saat lebaran saja. Setiap hari sebelum bertugas kami cek (kesehatannya)," ujar Sudarto di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin (13/7/2015).

Pemeriksaan kesehatan untuk masinis dan petugas kereta meliputi pengecekan kadar alkohol, kesehatan, obsesitas, tinggi badan, dan berat badan.

"Kalau ditemukan kadar alkohol dan obsesitas yang diluar batas,sanksinya langsung kami ganti dengan masinis cadangan. Kami selalu ada masinis cadangan yang stand by di stasiun tiap hari," jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Manager Kesehatan PT KAI Daop VI, Dokter Astrid Anindita mengatakan sebelum lebaran pihaknya telah melakukan tes pemeriksaan narkoba pada para masinis dan petugas kereta.

"Kami lakukan tes narkoba pada Sabtu 11 Juli lalu. Kami tes 50 sampling masinis secara acak dan random. Hasilnya negatif," tuturnya.

Pihaknya juga melakukan tes kesehatan para masinis. "Kami lakukan pengecekan tensi darah, dan kesehatan di posko kesehatan Stasiun Tugu," tutupnya.

Patricia Vicka


(RRN)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

2 hours Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA