Penguni LP Medan, Otak Penipuan via Pesan Singkat

- 16 April 2013 21:15 wib
Ilustrasi---MI/Ramdani/ip
Ilustrasi---MI/Ramdani/ip

Metrotvnews.com, Tangerang: Seorang narapidana di Medan, Sumatra Utara yang kerap melakukan penipuan via pesan singkat (SMS) dibekuk petugas Reskrim Polrestro Tangerang.

"Narapidana itu kami bekuk karena dia sering melakukan penipuan lewat SMS. Salah satu korbannya adalah anggota saya di Reskrim Polrestro Tangerang," kata Kasat Reskrim Polrestro Tangerang, Ajun Komisaris Suharyanto, Selasa (16/4).

Penangkapan itu terjadi, katanya, berawal ketika anggota Reskrim Polrestro Tangerang pulang piket malam. Sesampai di rumah, mendapat SMS dari seseorang yang mengajak kerjasama memasarkan barang-barang elektronik.

Karena tidak ditanggapi, akhirnya orang termaksud menelpon dan merayu korban untuk menanamkan modalnya. Terbuai dengan janji penghasilan lumayan, korbanpun menuruti dan mengirimkan uang total sebesar Rp90 juta. "Uang itu ia transfer dua kali, yaitu Rp50 juta dan Rp40 juta," kata Suharyanto.

Karena janji akan mengirimkan barang elektronik tidak segera datang, korban pun berusaha menghubungi pelaku. Namun telpon seluler pelaku tidak aktif.

Kasus itu kemudian dikembangkan, sehingga di ketahui orang yang melakukan penipuan di wilayah Medan, Sumatra Utara. "Begitu kita kejar kesana, ternyata pelakunya adalah penghuni LP Medan, Sumut," kata Suharyanto sembari menambahkan kasus tersebut dilimpahkan ke Polda Sumut.

Dan anggota Polda Metro Jaya-pun saat ini mengembangkan kasusnya ke sana, karena pelaku diduga telah melakukan penipuan terhadap banyak korban di Jakarta. "Kami harap warga janagn mudah percaya bila mendapat SMS yang menggiurkan seperti itu. Kroscek dulu kebenarannyan," kata Suharyanto (Sumantri Handoyo)

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…