Usut Korupsi Annas Maamun, KPK Panggil Anggota DPRD Riau

Yogi Bayu Aji    •    Selasa, 14 Jul 2015 12:15 WIB
kasus korupsi
Usut Korupsi Annas Maamun, KPK Panggil Anggota DPRD Riau
KPK. Foto: Panca Syurkani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota DPRD Riau Zukri Misran dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia akan diperiksa dalam kasus dugaan suap pembahasan RAPBD tahun anggaran 2014-2015 yang menyeret Gubernur nonaktif Riau Annas Maamun.

"Iya, dia akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AK (A. Kirjuhari)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (14/7 /2015).

Zukri saat ini menjabat sebagai anggota Komisi D DPRD Riau. Calon bupati Pelalawan yang diusung PDI Perjuangan ini akan diperiksa sebagai anggota DPRD Riau periode 2009-2014.

Zukri diduga kuat bakal dibidik soal suap yang diberikan Annas kepada A. Kirjuhari, anggota Komisi C DPRD Riau dari Fraksi PAN. Annas diduga memberi duit guna memuluskan pembahasan anggaran untuk keperluan provinsi.

Selain Zukri, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap satu saksi lain, mantan Kepala Bagian Pengadaan Barang Provinsi Riau Ahmad Fadhilah. "Dia juga akan diperiksa untuk tersangka AK," beber Priharsa.

Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan Annas Maamun dan A. Kirjuhari sebagai tersangka pada 20 Januari. Selaku pihak pemberi suap, Annas diduga melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Sedangkan Kirjuhari disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau b aau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


(KRI)