Selama Ramadan, BI: Penukaran Uang Capai Rp23,18 Miliar

Antara    •    Selasa, 14 Jul 2015 12:32 WIB
bank indonesiaramadan 2015penukaran uang
Selama Ramadan, BI: Penukaran Uang Capai Rp23,18 Miliar
Bank Indonesia (MI/GRANDYOS ZAFNA)

Metrotvnews.com, Jayapura: Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Joko Supratikto mengungkapkan bahwa jumlah penukaran uang selama Ramadan telah mencapai Rp23,18 miliar. Ketersediaan uang tunai ini memang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Total penukaran uang telah mencapai Rp23,18 miliar. Dalam pelayanan penukaraan uang tersebut, jenis pecahan yang dibutuhkan masyarakat adalah pecahan kecil, yaitu pecahan Rp20 ribu ke bawah," ujarnya, di Jayapura, Selasa (14/7/2015).

Jumlah penukaran uang tersebut adalah dari dua pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dan kalangan perbankan. Dominasi transaksi terjadi pada pelayanan ke masyarakat. Dari hari pertama puasa bulan Ramadan hingga hari ini, pelayanan penukaran uang kepada masyarakat oleh Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua melalui kas keliling telah mencapai Rp14,86 miliar. 

"Di samping jumlah tersebut, Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua juga telah melayani penukaran uang kepada kalangan perbankan mencapai Rp8,53 miliar," jelas Supratikto.

Sebelumnya, diketahui bahwa Kantor Perwakilan wilayah BI Provinsi Papua menambah aktivitas kelilingnya saat memasuki Ramadan 1436 Hijriah atau mulai pertengahan Juni 2015.

"Menjelang Hari Raya Idul Fitri penukaran ditambah pada hari selasa dengan lokasi pelayanan kas keliling yakni di kompleks Ruko Pasifik Permai dengan waktu pelayanan mulai pukul 09.30 WIT hingga 12.00 WIT," ujar Deputi Kepala KPPw Bank Indonesia Provinsi Papua Bidang Ekonomi dan Keuangan Eko Waluyo Purwoko.

Secara rutin, Purwoko menambahkan, Bank Indonesia melakukan kegiatan kas keliling di dalam kota sebanyak tiga kali dalam seminggu, yaitu senin di depan Toko Mega Abepura, Rabu di halaman parkir Galael dan Kamis di depan Toko Mega Waena.


(ABD)