Percepat Layanan di Gerbang Tol Cipali, Petugas pun Jemput Bola

Aulia I. Salam    •    Selasa, 14 Jul 2015 13:12 WIB
mudik lebaran 2015kemenpu ads
Percepat Layanan di Gerbang Tol Cipali, Petugas pun Jemput Bola
Antrian sepanjang 8 kilometeri di gerbang exit Tol Palimanan dini hari ini. (foto: Antara/Sigit Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Antrian panjang di gerbang masuk dan keluar tol pasti terjadi ketika terjadi kepadatan lalu lintas. Upaya jemput bola oleh petugas perlu dibantu pengendara agar antrian tidak semakin panjang dan lama.

Demikian kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Taufik Widjojono menanggapi antrian panjang di exit Tol Palimanan dini hari ini. Panjang antrian mobil mencapai 8 kilometer dari gerbang tol.

"Soal efektifitas jalan, sudah tidak ada masalah di Cipali. Tapi lebih ke masalah pelayanan di gerbang tol," kata Taufik di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Selasa (14/7/2015).

Untuk memperpendek waktu layanan, petugas tol telah melakukannya dengan membagikan kartu tol langsung ke mobil-mobil yang antri. Sehingga tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol untuk mengambil kartu masuk.

Upaya ini akan lebih efektif bila pengguna tol pun berpartisipasi. Yaitu dengan menyiapkan uang pas atau menggunakan kartu e-money saat membayar tarif tol sehingga waktu transaksi menjadi lebih singkat.

Kepadatan lainnya yang Kementeri PUPR waspadai ada di Brebes akibat banyak kendaraan keluar dari exit Pejagan. Antisipasi yang dilakukan adalah dengan membuka jalur darurat Brebes Timur terutama pada malam hari.

"Karenan jalur utama saat malam tidak bisa dipakai. Sekarang sudah kita lihat terjadi penumpukan di pertigaan setelah keluar tol Pejagan, ini menjadi hal-hal yang menjadi evaluasi kita kedepan,” tambah Taufik.

 


(LHE)