Mudik Lebaran, Warga Diminta Perhatikan Keamanan Rumah

Misbahol Munir    •    Selasa, 14 Jul 2015 14:41 WIB
mudik lebaran 2015
Mudik Lebaran, Warga Diminta Perhatikan Keamanan Rumah
Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian--Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews, Jakarta: Warga DKI Jakarta dan sekitar yang memilih mudik diimbau berkoordinasi dengan aparat setempat. Paling tidak, mereka tidak meninggalkan rumah dalam waswas.

"Bisa dititipkan ke keluarga, sahabat atau yang lain. Tapi, prinsipnya dari kepolisian, ada Kamtibmas, ada pos polisi atau polsek. Bisa dititipkan ke situ juga," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian saat berkunjung ke kantor Metro TV di Kedoya, Jakarta Barat, Selasa (14/7/2015).

Dia, sekali lagi, menekankan warga pemudik betul-betul mengecek keamanan dari potensi kebakaran. Pasalnya, setiap hari Ibu Kota dihantui peristiwa kebakaran.

"Saya minta rumah diamankan dari kemungkinan potensi kebakaran. Saya dapat laporan, hampir setiap hari ada kebakaran," kata dia.

Menurut Tito, kebakaran biasanya dipicu hal sepele. "Mulai permasalahan listrik, ada yang meninggalkan rumah kemudian listriknya dalam keadaan hidup. Kompor masih menyala. Kemudian lilin mungkin. Nah, ini saya minta tolong betul, yakinkan betul sudah dalam keadaan off (mati)," tuturnya.

Di samping itu, Tito juga menyarankan, warga memanfaatkan fasilitas penitipan kendaraan roda dua atau roda empat di halaman polsek dan polres. Semua gratis.

"Kita menyiapkan tempat penitipan kendaraan di beberapa polsek dan polres yang punya area. Kemudian kita berikan tanda terimanya," katanya.


(MBM)