Menhub: Kuota Angkutan Sepeda Motor Gratis Capai 100%

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 14 Jul 2015 14:54 WIB
ramadan 2015
Menhub: Kuota Angkutan Sepeda Motor Gratis Capai 100%
Ilustrasi pemudik motor. FOTO: MI/ANGGA YUNIAR

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengungkapkan bahwa kuota angkutan sepeda motor gratis yang telah disediakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah terpenuhi 100 persen. Demikian pula dengan kuota penumpang.

"Saya berharap pelaksanaan kegiatan ini bisa mendorong masyarakat untuk lebih mengutamakan keselamatan dengan tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jauh," harap Menhub mengomentari program angkutan sepeda motor gratis, seperti dikutip dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa (14/7/2015).

Dia menegaskan, saat penyelenggaraan angkutan Lebaran, sudah dipastikan akan ada peningkatan jumlah dan volume kendaraan, khususnya sepeda motor dan kendaraan pribadi yang melintas pada beberapa ruas jalan hingga dapat menimbulkan kemacetan lalu lintas pada titik-titik lokasi rawan macet serta tiangginya angka pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi.

Dengan kondisi tersebut, para pengemudi diharap memeriksa kesiapan kondisi kendaraan, mematuhi semua rambu-rambu lalu lintas yang telah dipasang, mengemudikan kendaraannya dengan selalu mengutamakan keselamatan baik keselamatan diri sendiri maupun keselamatan orang lain, beristirahat jika lelah dan tidak memaksakan diri, serta selalu membawa surat-surat kelengkapan kendaraan.

"Dengan semakin banyaknya masyarakat yang berpartisipasi diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas jalan dan kecelakaan pada masa angkutan Lebaran 2015 dan secara tak langsung juga mendukung program kebijakan pemerintah," harap Jonan, dalam sambutannya yang dibacakan Direktur KTD Gede Pasek Suardika.

Direktur KTD mengatakan untuk moda darat, sepeda motor diangkut secara gratis dengan truk dan penumpangnya diangkut dengan bus. Sementara itu, untuk arus baliknya, kuota moda darat sepeda motor sudah terpenuhi. Adapun periode perjalanan angkutan sepeda motor gratis ini disesuaikan dengan hari raya yang diperkirakan akan jatuh pada Jumat-Sabtu 17-18 Juli 2015.

Sekadar informasi, sebagai bagian dari program angkutan sepeda motor gratis terkait angkutan mudik Lebaran 2015, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan memberangkatkan 2.900 unit sepeda motor dengan menggunakan 71 truk.

Pemberangkatan pemilik sepeda motor dilaksanakan pada Selasa ini di lapangan parkir JIEXPO Kemayoran. Di mana  para pemilik sepeda motor tersebut akan diangkut dengan bus. Pelepasan khusus angkutan sepeda motor gratis ini dilakukan oleh Direktur Keselamatan Transportasi Darat (KTD) Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Gede Pasek Suardika di Kantor Perum Bulog Divre 1 Jl Perintis Kemerdekaan No 65 Kelapa Gading Jakarta Utara, Senin pukul 09.00.

Sepeda motor tersebut akan diantar menuju Solo 720 unit, Yogyakarta 500 unit, Kebumen 200 unit, Magelang 250 unit, Purwokerto 300 unit, Tegal 180 unit, Wonogiri 400 unit, dan Wonosobo 250 unit.


(AHL)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

2 hours Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA