Penunjukkan Proyek Shinkansen akan Pakai Konsultan Eropa

Dheri Agriesta    •    Selasa, 14 Jul 2015 15:30 WIB
kereta cepat
Penunjukkan Proyek Shinkansen akan Pakai Konsultan Eropa
ereta shinkansen di Jepang. ILUSTRASI JAPAN OUT AFP PHOTO,JIJI PRESS

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofyan Wanandi menyebut Jepang dan Tiongkok akan bersaing dalam proyek pembangunan kereta cepat yang akan dibangun di Indonesia. Pemerintah pun menunjuk konsultan asal Eropa untuk menentukan pihak mana yang layak mengambil proyek ini.

"Nanti dilakukan beauty contest, dua-duanya kita undang dan kita pakai konsultan dari Eropa, nanti misalnya Prancis atau Inggris," kata Sofyan di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (14/7/2015).

Sofyan belum tahu konsultan asal negara mana yang akan dipilih pemerintah. Namun, pemerintah akan memilih konsultan yang benar-benar mengerti investor asal Jepang dan Tiongkok yang tengah bersaing memperebutkan proyek ini, secara teknikal dan keuangan.

Seharusnya pemerintah sudah bisa menunjuk siapa yang akan mengambil proyek ini. Toh, seluruh persiapan, seperti engineering detail, perhitungan waktu dan biaya tempuh, total investment, telah selesai.

"Hampir sama semua itu, total investasinya Rp67 triliun, kita akan lihat teknikalnya siapa yang terbaik dan yang dipertimbangkan bukan soal harga saja, tapi berapa banyak local content yang dipakai dalam proyek itu," jelas Sofyan.



 


(SAW)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

8 minutes Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA