Tender Kereta Cepat, Jepang Lebih Kompetitif

Dheri Agriesta    •    Selasa, 14 Jul 2015 15:38 WIB
kereta cepat
Tender Kereta Cepat, Jepang Lebih Kompetitif
kereta cepat dok,times

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofyan Wanandi menuturkan penggunaan  local content dianggap penting untuk proyek kereta cepat yang akan dibangun karena dianggap dapat membantu industri di Indonesia. Dia mengatakan Jepang menawarkan  penggunaan local content lebih tinggi dengan bunga yang murah sekali, 0,5 persen per tahun selama 40 tahun.

Saat ditanyakan apakah ini pertanda Jepang memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan proyek ini, Sofyan tak ingin buru-buru. Kata dia, pemerintah belum melihat teknikal yang diajukan Jepang. Namun, jika melirik keselamatan, Jepang tentu saja sudah teruji.

"Kita lihat 50 tahun Shinkansen belum pernah terjadi kecelakaan, sudah teruji. You lihatlah semua apapun yang bergerak Jepang itu lebih baik, kita lihat dari segala sudut, tidak bisa hanya kualitas saja, nantilah," jelas Sofyan

Namun, Sofyan belum tahu konsultan asal negara mana yang akan dipilih pemerintah. Namun, pemerintah akan memilih konsultan yang benar-benar mengerti investor asal Jepang dan Tiongkok yang tengah bersaing memperebutkan proyek ini, secara teknikal dan keuangan.

“Kita akan lihat teknikalnya siapa yang terbaik dan yang dipertimbangkan bukan soal harga saja, tapi berapa banyak local content yang dipakai dalam proyek itu," jelas Sofyan.
 
 


(SAW)