BI Rate Kembali Dipertahankan di Posisi 7,50%

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 14 Jul 2015 15:47 WIB
bi rate
BI Rate Kembali Dipertahankan di Posisi 7,50%
Gedung Bank Indonesia (MI/SUSANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan suku bunga acuan (BI rate) di posisi 7,50 persen yang merupakan hasil dari Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan. Selain itu, BI juga mempertahankan suku bunga lending facility dan suku bunga deposit facility masing-masing tetap pada level 8,0 persen dan 5,50 persen.

"Keputusan tersebut sejalan untuk menjaga agar inflasi berada dalam kisaran 4 plus minus 1 persen di 2015 dan 2016," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (14/7/2015).

Dirinya menambahkan, BI juga akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah, tidak saja dalam mengendalikan inflasi dan defisit transaksi berjalan, tetapi juga dalam mempercepat stimulus fiskal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Untuk itu, BI mendukung upaya pemerintah pusat dan daerah untuk mempercepat realisasi proyek-proyek infrastruktur dan melanjutkan berbagai kebijakan struktural untuk menumbuhkan optimisme pelaku ekonomi terhadap perbaikan prospek ekonomi Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, untuk memelihara momentum pertumbuhan ekonomi, BI juga telah melonggarkan kebijakan makroprudensial melalui revisi ketentuan Loan to Value (LTV) untuk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), dan ketentuan pembayaran uang muka (down payment) untuk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).


(ABD)