Bulog Pastikan Stok & Harga Pangan Aman Jelang Lebaran

Husen Miftahudin    •    Selasa, 14 Jul 2015 15:52 WIB
kementan ads
Bulog Pastikan Stok & Harga Pangan Aman Jelang Lebaran
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Metrotvnews.com, Makassar: Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Djarot Kusumayakti mengatakan stok dan harga pangan jelang lebaran aman dan terkendali. Hal ini karena kerja sama yang dilakukan oleh Bulog dengan pihak Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pertanian (Kementan).

"Kami bersama dengan Mentan dan Mendag melakukan operasi pasar dan operasi pasar murah untuk beberapa jenis komoditi di luar beras yakni operasi gula, bawang merah, cabai, minyak goreng dan hari ini kami masih berkutat dengan operasi daging. Ini dilakukan agar terjadi harga yang wajar saat Lebaran," ujar Djarot, dalam kata sambutan Pelepasan Beras Produksi Sulsel, di Pelabuhan Pelni Soekarno Hatta, Makassar, Selasa (14/7/2015).

Ia melanjutkan bahwa pihaknya terus mendukung program pemerintah dalam menjaga stabilisasi pasokan dan harga dengan menyiapkan stok pangan untuk operasi pasar. "Sesuai dengan arahan pak menteri, di mana harus minimalkan impor dan maksimalkan produksi petani dalam negeri," ujarnya.

Terkait stok beras yang ada di gudang Bulog, Djarot menegaskan terdapat stok sebanyak 1,5 juta ton. Diperkirakan ada penambahan beras dari Sulawesi Selatan dan dapat menambah ketersediaan beras Bulog untuk melakukan operasi pasar selama enam bulan ke depan.

"Dalam waktu yang tidak lama kita akan punya stok di atas dua juta ton. Saat ini Perum Bulog masih terus mengoptimalkan gabah dan beras untuk menumpuk stok. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir terhadap stok pangan jelang Lebaran," pungkas Djarot.


(AHL)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA