Tips Mengelola Keuangan Bersama Pasangan

Torie Natalova    •    Selasa, 14 Jul 2015 16:08 WIB
keuangankeluarga
Tips Mengelola Keuangan Bersama Pasangan
Mengelola keuangan bersama pasangan.(Foto:wired.it)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berdasarkan hasil survei yang dilakukan vouchercodes.co.uk, sebanyak 50 persen orang tak mengetahui berapa banyak uang mereka di tabungan bank. Sebagai pasangan yang baru menikah, pastinya sebagian dari mereka tidak mengetahui pasti jumlah tabungan masing-masing pasangan dan sulitnya menyatukan keuangan bersama. Berikut beberapa tips untuk membantu cara mengelola uang bersama pasangan.

1. Pastikan Anda meletakkan semua tagihan bersama dan sendiri ke dalam rekening bersama. Bayar semua kebutuhan bersama dengan uang dari tabungan bersama. Gunakan rekening pribadi untuk kebutuhan pribadi seperti pakaian. 

2. Cobalah untuk membayar uang lebih dari yang Anda butuhkan. Ini jika Anda mendapatkan biaya tak terduga. Setiap tabungan harus memiliki lebihan dana sehingga tidak bermasalah ke depannya jika ada kebutuhan yang berlebihan.

3. Simpan setiap struk belanja atau ATM. Sehingga, Anda dan pasangan bisa dengan mudah mengontrol tabungan dan bisa melihat kemana saja uang Anda dihabiskan. Simpan juga catatan pengeluaran dan pemasukan Anda serta pasangan.

4. Memiliki rekening terpisah untuk belanja kebutuhan pokok. Tapi, cobalah untuk tetap sama mengeluarkan jumlah membeli kebutuhan sehari-hari atau bulanan. Ini bisa memberi keuntungan menghindari membeli makanan berlebih.

5. Pisahkan juga rekening yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dengan cicilan atau hutang-hutang bulanan. Dengan demikian, Anda tidak akan mengganggu dana untuk kebutuhan harian dengan tagihan begitupun sebaliknya.

6. Pikirkan kembali sebelum membeli. Apakah memang itu penting untuk dibeli saat ini juga atau masih bisa ditunda dan membeli kebutuhan yang lebih mendesak.

7. Mencari penawaran yang terbaik adalah tips jitu untuk menghemat anggaran. Tak ada salahnya meninggalkan penjual langganan jika barang yang ditemukan lebih murah dan kualitasnya sama. (FemaleFirst)


(LOV)