Cerita di Balik Produksi Soundtrack Minions

Agustinus Shindu Alpito    •    Selasa, 14 Jul 2015 16:34 WIB
minions
Cerita di Balik Produksi Soundtrack Minions
Minions (Foto:Illumination Entertainment)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Film Minions berhasil mengocok perut penonton. Tapi tak banyak yang tahu, ada proses rumit di balik pembuatannya.

Jika beberapa sineas memilih menggunakan perangkat lunak untuk urusan efek suara, tidak demikian dengan Minions.

Soundtrack dan efek suara film Minions dilakukan oleh puluhan musisi dengan sistem rekaman, layaknya proses pembuatan album. Bedanya, musisi pengisi musik di film Minions harus menyesuaikan skenario dan kebutuhan adegan.

Adalah Heitor Preira, penata musik film Minions, Despicable Me, dan Despicable Me 2. Dia berhasil membuat karakter berbentuk kapsul kuning menggemaskan itu semakin hidup.

"Saya menyukainya. Musik megah yang berwarna untuk karakter yang kecil," ujar Pereira, seperti dinukil Billboard, Selasa (14/7/2015).

Pereira menghadirkan kelompok Los Angeles orkestra dan paduan suara untuk menggarap proyek ini. Tantangannya, mereka menyanyikan lagu dalam bahasa Minion yang aneh.

Lantaran film Minions mengambil latar waktu era 1960-an, Pereira menggunakan instrumen yang sudah kuno. Salah satunya, mikrofon berusia lebih dari 50 tahun yang juga digunakan dalam rekaman Frank Sinatra dan Beach Boys.

"Ini adalah sebuah kesempatan, dengan cara saya sendiri untuk memberi penghormatan kepada musisi dan teknisi audio pada era itu, dan menghormati komposer, di antaranya Henry Mancini, John Barry, dan Lalo Shifrin. Minion menjelajahi waktu, mengapa saya tidak?" kata Pereira.

Meski bahasa Minion terdengar 'ajaib' di telinga, Pereira tidak menganggapnya sebagai sebuah masalah.

Dia mencontohkan, sewaktu tumbuh besar di Brasil, dia tidak mengerti apa yang dinyanyikan The Beatles. Tetapi dia bisa merasakan emosinya. Kondisi tersebut seperti yang dialaminya ketika mendengarkan bahasa Minion.

"Saya tahu (Minion) berkomunikasi kepada saya, meski itu bukan bahasa yang saya gunakan. Itu yang saya suka dari Minions. Mereka berkomunikasi kepada saya," papar pria berambut gondrong itu.

Ke depannya, Pereira berharap akan selalu terlibat dalam proyek-proyek Minion lain.

"Jika mereka mengerjakan (Minion) yang lain, saya berharap mereka mengajak saya lagi. Saya bersedia untuk Minions 2,3, 10," harapnya.

 
(ROS)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

24 minutes Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA