Harga Tiket Bus di Terminal Jombor Melambung di H-3

Patricia Vicka    •    Selasa, 14 Jul 2015 16:44 WIB
ramadan 2015peta mudik 2015
Harga Tiket Bus di Terminal Jombor Melambung di H-3
Terminal Jombor Yogyakarta, Metrotvnews.com/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tiga hari menjelang hari raya Idul Fitri, harga tiket bus di Terminal Jombor Yogyakarta melambung tinggi. Ketua Paguyuban Agen dan Perwakilan Bus Malam (Papbima) Jombor Sonny Kurniawan mengatakan, kenaikan tarif bus H-3 Lebaran mencapai 20 persen.

"Harga naik karena jumlah penumpang naik drastis. Kalau hari biasa hanya 800 hingga 900 penumpang. Saat lebaran kami prediksi bisa mencapai 1.500 orang lebih per hari," kata Sonny di Terminal Jombor Yogyakarta, Selasa (14/7/2015).

Tarif bus yang mengalami kenaikan cukup tinggi adalah Angkutan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) tujuan Sumatra seperti ke Lampung, Jambi, dan Palembang.

"Banyak mahasiswa Yogyakarta yang berasal dari Sumatra. Mereka saat liburan ramadan dan liburan semester pulang kampung. Kenaikan tarifnya bahkan beberapa sudah lebih dari 20 persen," imbuhnya.

Ia menambahkan semua tiket bus arus mudik dan arus balik sudah diserbu pemudik. Bahkan tiket arus balik sudah 40 persen dipesan. "Tapi kita belum bisa kasih harga. Masih tunggu pemerintah," jelasnya.

Untuk menampung kelebihan penumpang, lanjut Sonny, Paguyuban telah menyiapakn 20 unit bus tambahan. "Bus tambahan mulai beroperasi H+3 sesudah Lebaran. Tapi terbatas hanya 20 untuk semua jurusan," tutupnya.

Pantauan Metrotvnews.com, tiket Bus Jurusan lampung yang sebelumnya dijual Rp390 ribu per orang kini naik menjadi Rp450 ribu per orang. Sementara tiket bus jurusan Palembang kini Rp520 ribu per orang dari sebelumnya Rp450 ribu per orang.


(RRN)