Pembunuhan di Kampung Pulo Bermotif Pemalakan

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 14 Jul 2015 16:46 WIB
pembunuhan jabodetabek
Pembunuhan di Kampung Pulo Bermotif Pemalakan
ilustrasi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi mengungkap motif pembunuhan yang dilakukan empat pelaku terhadap Afrizal, 25, di Kampung Pulo, Jakarta Timur, Senin 13 Juli kemarin.  Ia tewas ditikam dengan sebilah pisau.
 
Kapolres Jakarta Timur Kombes Umar Farouq mengatakan, motif pembunuhan ini adalah pemalakan. Korban yang sedang melintas dimintai uang oleh keempat tersangka. Lantaran korban tak punya uang, tersangka kesal hingga berujung pada penusukan kepada korban.
 
"Motifnya meminta uang kepada korban, tapi korban sudah tidak punya uang karena sudah membeli susu. Karena kesal, pelaku inisial Q mengeluarkan pisau dan menusuk rusuk kanan atas korban," kata Farouq di Mapolres Jakarta Timur, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (14/7/2015).
 
Ia menceritakan, kejadian berawal ketika korban yang hendak pulang dicegat oleh empat orang tersangka di gang dekat rumahnya. Setelah melakukan percekcokan, korban jatuh tersungkur akibat ditusuk Q.
 
Korban yang tersungkur, kemudian sempat dibawa ke Rumah Sakit Hermina. Namun nyawanya tak tertolong. "Korban tewas karena luka tusuk menembus ke paru-paru hingga pendarahan," kata
Umar.
 
Polisi telah meringkus dua dari empat pelaku pembunuhan Afrizal. Pelaku dijerat Pasal 340 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), karena tindakan pengeroyokan yang mengakibatkan meninggal dunia, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.


(FZN)