BKP: Produksi Beras Sumut Surplus 358.376 Ton

Antara    •    Selasa, 14 Jul 2015 16:52 WIB
beras
BKP: Produksi Beras Sumut Surplus 358.376 Ton
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Metrotvnews.com, Medan: Kepala Bidang Distribusi dan Akses Pasar Badan Ketahanan Pangan (BKP) Medan Ahmad Syafrin Nasution menyatakan, produksi beras Sumatera Utara (Sumut) pada Januari-Mei 2015 mengalami surplus sebanyak 358.376 ton.

"Surplus diperoleh dari produksi yang mencapai 1.133.390 ton dan kebutuhan sebanyak 775.014 ton, sehingga dipastikan stok dan harga bahan pangan utama menjelang Idul Fitri terkendali," kata Ahmad Syafrin Nasution, di Medan, Selasa (14/7/2015).

Menurutnya, dengan adanya surplus tersebut, maka stok akan mencukupi. Stok yang mencukupi ini menjadi penting karena menjadi salah satu indikator untuk pengendalian harga. Jika harga bisa terkendali, tingkat inflasi akan terjaga dengan baik.

Dia menyebutkan bahwa hasil survei, harga rata-rata beras IR 64 di Kota Medan pada Juni di kisaran Rp9.975 per kilogram (kg). Diharapkan, harga beras tersebut terus stabil dan tidak ada kenaikan yang signifikan di waktu-waktu mendatang.

Sementara itu, Humas Bulog Sumut Rudi Adlyn menyebutkan, Bulog hingga mendekati Idul Fitri masih melakukan pasar murah beras dan lainnya untuk membanjiri pasar guna membantu menekan gejolak harga pada Ramadan. Pasar murah dilakukan bekerja sama dengan pihak lain, seperti Pemkot Medan. 

"Stok beras Bulog aman hinggga untuk empat bulan alokasi," pungkasnya.


(ABD)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

7 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA