Bulog Sumut Gelar Pasar Murah Cabai Merah

Antara    •    Selasa, 14 Jul 2015 17:35 WIB
harga cabai
Bulog Sumut Gelar Pasar Murah Cabai Merah
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Medan: Bulog Sumatera Utara (Sumut) menggelar pasar murah cabai merah untuk menekan harga jual komoditas tersebut yang terus mengalami kenaikan dan sudah mencapai harga Rp60.000 per kilogram (kg).

"Untuk lebih cepat menyentuh ke konsumen, pasar murah dilakukan ke instansi-instansi pemerintahan dan beberapa lokasi umum," kata Humas Bulog Sumut Rudi Adlyn, di Medan, Selasa (14/7/2015). Harga cabai merah segar pada para murah ini dijual Rp25.000 per kg dan yang digiling seharaga Rp30.000 per kg.

Dia mengakui, penjualan memang lebih banyak dalam bentuk yang digiling dengan alasan untuk memudahkan konsumen, dan termasuk menghindari kerusakan pada stok. "OP tidak ada lagi, tetapi pasar murah masih terus jalan bekerja sama dengan berbagai instansi," tuturnya.

Pedagang di Pasar Simpang Limun, Medan, Sulaiman menyebutkan, harga menjadi Rp60.000 per kg sejak Senin 13 Juli. "Hari Sabtu dan Minggu masih Rp40.000 per kg," ucapnya.

Ia menjelaskan, kenaikan harga tersebut diakibatkan pasokan yang semakin ketat di tengah permintaan yang naik. Hal ini mau tidak mau membuat kenaikan harga pada komoditas cabai tidak mampu bertahan di level sebelumnya.

"Tidak pasti apakah harga naik lagi atau tidak. Tapi biasanya naik lagi karena Lebaran, pasokan semakin ketat akibat petani juga libur panen," pungkas Sulaiman.


(ABD)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

9 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA