Ketidakpastian Bikin Risiko di Pasar Keuangan Global Masih Tinggi

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 14 Jul 2015 17:40 WIB
ekonomi indonesia
Ketidakpastian Bikin Risiko di Pasar Keuangan Global Masih Tinggi
illustrasi BI ANTARA,Ismar Patrizk

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menilai pertumbuhan ekonomi global masih akan memperlihatkan kecenderungan yang bias ke bawah dari perkiraan semula. Hal ini tak lepas dari ketidakpastian yang masih meliputi di tengah pasar keuangan global.

"Kecenderungan bias ke bawah tersebut terutama disebabkan oleh perkiraan ekonomi AS yang tidak setinggi perkiraan semula dan ekonomi Tiongkok yang masih melambat," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (14/7/2015).

Meski terdapat indikasi awal perbaikan, dirinya mebambahkan, secara umum perekonomian AS diperkirakan akan lebih rendah dari proyeksi semula, didorong oleh realisasi triwulan I 2015 yang rendah serta pelemahan ekspor dan investasi. "Sejalan dengan itu, ketidakpastian kenaikan suku bunga Fed Fund Rate (FFR) di AS masih terus berlanjut," sambung dia.

Sementara itu, perekonomian Tiongkok masih melambat, walaupun beberapa indikator moneter mulai memperlihatkan perbaikan sejalan dengan berbagai kebijakan pelonggaran yang ditempuh.

"Sebaliknya, perekonomian Eropa membaik, ditopang oleh permintaan domestik yang meningkat di tengah bergulirnya krisis Yunani," terangnya.

Selain itu, perekonomian dunia yang bias ke bawah juga berdampak pada masih menurunnya harga komoditas internasional, meskipun harga minyak dunia mulai meningkat secara gradual.

"Di pasar keuangan global, ketidakpastian kenaikan suku bunga FFR di AS, ketidakpastian krisis Yunani, serta anjloknya harga saham di Tiongkok menunjukkan bahwa risiko di pasar keuangan global masih tinggi," pungkasnya.
 


(SAW)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

20 minutes Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA