Kebun Binatang Ragunan Bakal Disulap Seperti Victoria Island

Desi Angriani    •    Selasa, 14 Jul 2015 17:41 WIB
kebun binatang
Kebun Binatang Ragunan Bakal Disulap Seperti Victoria Island
Pusat primata schmutzer. (Foto: MI/Bachtiar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pendiri Grup Mayapada Dato Sri Tahir menemui Presiden Joko di Istana Merdeka, Jakarta. Selaku Ketua Dewan Pengawas Ragunan yang baru, Tahir bermimpi menjadikan Ragunan layaknya kawasan wisata terintegrasi dengan taman abadi (winter garden) selevel Victoria Island, Kanada.
 
“Jadi kita tak hanya tawarkan kebun binatang, tapi integrated. Ada winter garden-nya ada amusement-nya. Seperti di Victory Island Kanada," kata Tahir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/7/2015).
 
Menurutnya, konsep taman abadi tersebut harus segera direalisasikan agar menyedot perhatian dunia. Ia meyakini, kebun binatang seluas 147 hektare itu dapat dikelola dengan baik oleh pihak swasta tanpa membebani Pemprov DKI Jakarta. 
 
"Tanah seluas itu, di tengah kota lagi. Di dunia enggak ada itu. Kenapa enggak kita manfaatkan biar Jakarta lebih adem-ayem. Jadi saya bilang negara mau berkembang swasta harus dilibatkan," ungkap dia.
 
Tahir pun menargetkan pembangunan winter garden itu rampung dalam waktu satu tahun. Sementara biayanya diperkirakan jauh di atas Rp50 miliar.
 
"Pokoknya mahal, jauh lah dari itu (Rp50 miliar)," cetus pendiri Tahir Foundation ini.
 


(FZN)