BPH Migas Perintahkan Pertamina Bentuk Posko Lebaran

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 14 Jul 2015 18:10 WIB
ramadan 2015
BPH Migas Perintahkan Pertamina Bentuk Posko Lebaran
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memerintahkan PT Pertamina (Persero) membentuk Posko Satgas bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) di kantor pusat dan seluruh kantor wilayah Pertamina.

Upaya ini untuk mengamankan pasokan BBM sebelum dan sesudah Lebaran. Langkah lain yang dilakukan Pertamina dengan memonitoring stok BBM di seluruh terminal BBM.

"Monitoring stok BBM melalui sistem komputerisasi SIM dan S&D (Sistem Informasi Managament Supply and Distribution," ujar Kepala BPH Migas Andy Noorsaman Soomeng ketika ditemui saat konferensi pers kesiapan menjelang Lebaran, di Gedung BPH Migas di Jakarta, Selasa (14/7/2015).

Ia juga menambahkan, terminal BBM dan SPBU beroperasi penuh 24 jam khususnya di jalur mudik mulai H-15 hingga H+15. Selain itu, Andy memerintahkan Pertamina agar switching tangki timbun di Terminal BBM.

"Switching tangki timbun di terminal BBM khususnya untuk Premium. Kemudian switching tangki pendam di SPBU dari solar ke Premium/Pertamax," kata Kepala BPH Migas itu.

Langkah lainnya Pertamina akan menyiapkan mobil tangki isi BBM untuk bersiap di SPBU yang berada di jalur rawan kemacetan total. Lalu Pertamina memisahkan jalur pelayanan masuk motor dan mobil serta menyediakan titik-titik SPBU transit khusus sepeda motor.

Adapun untuk mengantisipasi stagnasi mobilitas tangki Pertamina akibat kemacetan lalu lintas, nantinya Pertamina akan bekerja sama dengan Polri untuk menyiapkan jalur contra flow.

"Nanti akan disiapkan jalur contra flow untuk menghindari kemacetan," ungkap Andy.


(AHL)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

7 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA