Putin: Dunia Bernapas Lega Usai Kesepakatan Nuklir Iran

Fajar Nugraha    •    Selasa, 14 Jul 2015 18:13 WIB
nuklir iran
Putin: Dunia Bernapas Lega Usai Kesepakatan Nuklir Iran
Negosiasi nuklir Iran di Wina, Austria (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, kesepakatan nuklir yang disepakati Iran dengan enam negara besar telah memberikan napas lega.

"Dunia kini bisa sedikit bernapas lega," ujar Putin dalam pernyataannya, seperti dikutip Reuters, Selasa (14/7/2015).

"Meskipun banyak cobaan untuk menggagalkan negosiasi. Namun pada akhirnya negosiator memilih untuk menjaga stabilitas dan kerja sama," lanjutnya.

Putin menambahkan, kesepakatan ini bisa membantu kerja sama nuklir sipil Iran dan Rusia. Baginya, kerja sama itu bisa memberi kontribusi untuk melawan terorisme di Timur Tengah.

Meskipun dunia mendukung kesepakatan ini ada satu negara yang mengecamnya. Israel menyebut kesepakatan tersebut sebagai kesalahan terbesar dalam sejarah.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, Iran akan mendapatkan bantuan sebesar USD18 miliar asalkan mereka melucuti dua per tiga mesin sentrifugalnya. Perjanjian juga meliputi surat protes jika Iran gagal untuk melucuti mesin miliknya dalam waktu 65 hari dan sanksi awal pun kembali diberlakukan.

Sementara atas bantuan itu, Iran akan membuka diri untuk mengizinkan pengawas dari PBB agar lokasi militernya diperiksa. Namun para pengawas ini tidak mendapatkan jaminan akan meraih akses tersebut.


(FJR)