Pertumbuhan Ekonomi RI Ditaksir Meningkat di Triwulan III-2015

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 14 Jul 2015 18:19 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesia
Pertumbuhan Ekonomi RI Ditaksir Meningkat di Triwulan III-2015
Gedung Bank Indonesia (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia baru akan kembali meningkat pada triwulan III-2015. Perkiraan pertumbuhan ini didasari dari kinerja perekonomian Indonesia pada triwulan II-2015 yang dinilai juga masih terbatas.

"Konsumsi rumah tangga diperkirakan masih lemah, seiring dengan tingkat keyakinan konsumen yang menurun," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (14/7/2015).

Dirinya menjelaskan, konsumsi yang lemah dapat dilihat dari indikasi penjualan kendaraan bermotor dan penjualan eceran yang masih menurun. Selain itu, realisasi belanja pemerintah juga dinilai masih rendah, baik di pusat maupun daerah. 

"Sejalan dengan itu, investasi diperkirakan masih tumbuh terbatas, seiring dengan realisasi infrastruktur yang belum secepat perkiraan serta investasi mesin dan alat angkut yang masih lemah," jelas dia.

Sementara dari sisi eksternal, lanjut Tirta, pertumbuhan ekspor diperkirakan masih terbatas. Hal ini sejalan dengan perkembangan ekonomi global yang masih kurang kondusif dan harga komoditas internasional yang masih rendah.

"Ke depan, Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada semester II-2015 akan membaik, didukung oleh meningkatnya implementasi proyek-proyek infrastruktur dan meningkatnya penyaluran kredit perbankan," pungkas dia.


(ABD)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA