BPH Migas Sebut Cadangan Solar Naik 15% Selama Lebaran

Gabriela Jessica Restiana Sihite    •    Selasa, 14 Jul 2015 18:22 WIB
ramadan 2015
BPH Migas Sebut Cadangan Solar Naik 15% Selama Lebaran
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyatakan cadangan solar bersubsidi selama H-10 hingga H+10 akan dinaikkan 15 persen dari cadangan pada hari biasa.

Pada hari biasanya, cadangan solar mencapai 23 hari. Namun, selama Lebaran, cadangan solar akan menjadi 26,5 hari. Hal itu bertujuan untuk menjaga pasokan solar tetap ada selama arus mudik.

Demikian dikatakan oleh Kepala BPH Migas Andy Noorsaman Sommeng di kantornya, Selasa (14/7/2015). Sebagai badan pengatur, pihaknya telah mengusulkan adanya peningkatan cadangan bahan bakar minyak (BBM) kepada para badan usaha penyalur, yakni PT Pertamina (persero).

Cadangan premium akan naik menjadi 16 hari, minyak tanah menjadi 68 hari, avtur menjadi 23,5 hari, dan pertamax menjadi 25,6 hari. Meski cadangan solar dinaikkan, Sommeng memperkirakan konsumsi solar justru akan turun.

Penurunan konsumsi solar selama Lebaran ia taksir akan mencapai 11 persen atau dari 37 ribu kiloliter (kl) menjadi 33 ribu kl. Pasalnya, selama kurun waktu H-10 hingga H+10 Lebaran, aktivitas transportasi pengguna solar juga akan dikurangi.

"Kendaraan berat dan truk kegiatannya kan akan dikurangi untuk menghindari kemacetan," ucap Sommeng.

Sementara konsumsi solar turun, konsumsi BBM lain diperkirakannya akan naik. Premium akan naik 18 persen dari 70 ribu kl menjadi sekitar 83 ribu kl. Konsumsi avtur juga naik seiring meningkatnya frekuensi lalu lintas penerbangan.

Kenaikannya sebesar 10 persen, dari 11 ribu kl menjadi 12,5 kl. Pertamax, kata dia, juga akan naik sekitar 5-7 persen. Selain itu, Sommeng menuturkan pihaknya akan menyuruh PT AKR Corporindo Tbk sebagai pendamping Pertamina untuk ikut mengamankan pasokan BBM.

"Armada truk AKR harus selalu siap mengirim BBM, pengiriman BBM ke semua outlet harus dilakukan secara rutin," tegasnya.


(AHL)