Tiongkok akan Membuat Resesi Perekonomian Dunia

Arif Wicaksono    •    Selasa, 14 Jul 2015 19:09 WIB
tiongkok
Tiongkok akan Membuat Resesi Perekonomian Dunia
china,reuters

Metrotvnews.com, Singapura: Kepala Riset Morgan Stanley Investment Management Sharma memprediksi Tiongkok akan memberikan resesi bagi perekonmian dunia. Dia mengatakan pelemahan perekonomian Tiongkok selama beberpaa tahun ke depan akan membawa perekonomian dunia dibawah dua persen yang tidak melibatkan dampak dari pertumbuhan ekonomi AS.

“Resesi Global berikutnya akan berasal dari Tiongkok,” ujar dia seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (14/7/2015).

Dia memprediksi perkembangan perekonomian Tiongkok akan memberikan ketidakpastian bagi perekonomian global. Hal ini karena tingginya pengaruh Tiongkok sebagai negara ekonomi kedua terbesar di dunia.

Tiongkok berkontribusi sebanyak 38 persen dari pertumbuhan perekonomian global pada tahun lalu atau naik dari 23 persen di 2010 berdasarkan data dari Morgan Stanley. Tiongkok merupakan importir terbesar dari alumunium, katun, dan merupakan partner dagang terbesar dari Brasil sampai dengan Afrika Selatan.

Tren ini sudah mulai tampak dari revisi IMF terhadap pertumbuhan perekonomian global menjadi 3,3 persen dari 3,5 persen ketika pertumbuhan tiongkok melambat menjadi 6,8 persen atau yang terendah dari 1990.
Sharma juga memprediksi perekonomian Tiongkok akan melambat seiring dengan usaha dari negara panda tersebut untuk mengurangi beban utangnya.

Sharma melihat penurunan bursa tiongkok sebanyak 30 persen dalam empat minggu dari 8 Juni dengan sejumlah USD4 triliun kapitalisasi pasar memberikan gambaran bahwa pemerintah Tiongkok gagal memberikan kepercayaan pasar meskipun sudah membatasi pemegang saham mayoritas untuk menjual saham selama enam bulan dan mengizinkan lebih dari setengah perusahaan untuk menunda transaksi saham.

“Apa yang terjadi di Tiongkok memberikan kita sinyal bahwa ini sudah di luar kontrol pemerintah dan hal ini hanya berlangsung sebentar saja,” kata dia.

 


(SAW)

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

43 minutes Ago

Politikus Partai Golkar Ade Komaruddin siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusu…

BERITA LAINNYA